Rektor UMI Makassar Basri Modding. Foto: Tangkapan layar.
Rektor UMI Makassar Basri Modding. Foto: Tangkapan layar.

3.960 Mahasiswa UMI Diwisuda, Digelar Daring dan Luring

Pendidikan umi beasiswa osc Wisuda Perguruan Tinggi
Muhammad Syawaluddin • 25 Oktober 2021 17:29
Makassar: Sebanyak 3.960 mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mengikuti wisuda periode kedua 2021. Wisuda ini digelar selama tiga hari di Hotel Claro Makassar. 
 
Rektor UMI Makassar, Basri Modding, mengatakan bahwa wisuda yang diikuti oleh ribuan peserta tersebut dilakukan dengan dua cara, yakni daring dan luring. Hal itu lantaran saat ini masih dalam masa pandemi covid-19.
 
"Protokoler kesehatan yang ketat, dilakukan sebagai bagian ikhtiar memutus mata rantai covid-19 untuk kesehatan dan keselamatan bersama," katanya, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 25 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Basri Modding juga mengatakan, 3.960 wisudawan tersebut terbagi merupakan mahasiswa yang berhasil menyelesaikan program studi sarjana dan pascasarjana. Ia merinci ada sebanyak 3.543 wisudawan yang menyelesaikan studi sarjan, sementara 417 yang menyelesaikan pascasarjana baik strata dua maupun strata tiga. 
 
Ia juga mengatakan, alumni UMI Makassar memiliki keunggulan sebagai sumber daya manusia yang bermartartabat, memiliki karakter moral dan juga karakter kinerja, dengan empat kompetensi yaitu berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kerjasama. 
 
"Alumni UMI harus inovatif, berdaya saing, berkarya dengan karakter Islam, dan memiliki pengetahuan, serta skill yang relevan, untuk memasuki dunia kerja  dan memiliki jiwa enterpreuner," harapnya. 
 
Baca: Profesor Muda IPB Bagikan Kiat Capai Gelar Guru Besar
 
Ia juga menyebut, proses wisuda bukan akhir perjuangan dan akhir dari kewajiban belajar, tetapi wisuda adalah pintu untuk berkiprah lebih nyata di tengah masyarakat, lebih bermanfaat. Sehingga, wisudawan harus terus belajar. 
 
"Untuk mengeksplorasi peluang-peluang besar di era kompetitif saat ini, para alumni dituntut untuk tidak hanya memiliki IPK yang tinggi saja, namun mereka juga dituntut memiliki social skill, kemampuan berkomunikasi, dan mampu mengelola emosinya dengan baik," jelasnya. 
 
Ia menekankan, apa yang para wisudawan pelajari di kampus seharusnya menjadi modal awal untuk terus berkembang, sehingga menjadi alumni yang berkualitas. Jangan ragu untuk membuat terobosan baru, teruslah berkompetisi secara fair untuk masuk ke dalam institusi-institusi bergengsi di Indonesia dan dunia, karena disanalah sesungguhnya tempat kalian berkarier.
 
"Tingkatkan terus penguasaan ilmu dan pengetahuan sebagai kekuatan intelektual, senantiasa mengikuti perkembangan teknologi informasi dan terus menciptakan inovasi," ujarnya. 
 
Prosesi wisuda periode ketiga UMI Makassar menerapkan protokol kesehatan ketat. Para wisudawan diharuskan memiliki sertifikat vaksin covid-19. Sebelum masuk ke ruangan wisuda, baik tamu maupun peserta wisuda diharuskan melakukan swab tes.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif