Kemendagri Intensif Komunikasikan Bantuan Dana Parpol

Media Indonesia 27 November 2018 11:44 WIB
parpol
Kemendagri Intensif Komunikasikan Bantuan Dana Parpol
Mendagri Tjahjo Kumolo/Medcom.id/Surya Perkasa
Jakarta:Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berkomunikasi intensif dengan partai politik (parpol). Kedua pihak membahas dana bantuan untuk parpol.

"Parpol rutin menyampaikan laporan pertanggungjawaban ke Kemendagri melalui audit tahunan oleh Badan Pemeriksa Keuangan. Oleh karenanya Kemendagri rutin berkomunikasi dengan parpol," terang Mendagri Tjahjo Kumolo melalui keterangan tertulis, Selasa, 27 November 2018.


Parpol, jelas Tjahjo, memulai dengan mengajukan permohonan pencairan setelah audit. Hingga saat ini tak ada kendala berarti dalam proses tersebut.

Tjahjo menegaskan BPK sangat teliti dan selektif mengaudit. Dana bantuan pun harus digunakan sesuai mekanisme dalam PP Nomor 1 Tahun 2018 dan Permendagri Nomor 36 Tahun 2018 tentang Bantuan Keuangan Partai Politik.

Kemendagri mendorong parpol transparan soal pengelolaan bantuan dana. Parpol bertanggung jawab penuh atas fulus yang dikeluarkan dari kantong negara demi meningkatkan besaran dana organisasi politik.

Parpol juga harus menjamin memberikan pendidikan politik kepada kader. Proses perekrutan dan kaderisasi harus jauh dari aspek penyimpangan, khususnya korupsi. (Insi Nantika Jelita)



(OJE)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id