Warga melintas di antara kapal yang terdampar ke pemukiman penduduk akibat gelombang tsunami di desa Sukamanah, Anyer. ANT/M Adimaja.
Warga melintas di antara kapal yang terdampar ke pemukiman penduduk akibat gelombang tsunami di desa Sukamanah, Anyer. ANT/M Adimaja.

TPS Wilayah Terdampak Tsunami Dimungkinkan Dipindah

Pemilu Tsunami di Selat Sunda
Fachri Audhia Hafiez • 25 Desember 2018 04:48
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengelompokan ulang tempat pemungutan suara (TPS) pada wilayah terdampak tsunami Selat Sunda. Hal ini dimungkinkan jika TPS tersebut tak layak digunakan untuk pemungutan suara.

"Karena itu kawasan berdampak bencana yang sebelumnya direncanakan ada TPS di situ, karena tidak memungkinkan maka 'diregrouping' atau dipindah," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 24 Desember 2018.

Wahyu menjelaskan pemindahan TPS di wilayah terdampak bencana akan melalui sejumlah tahapan. KPU akan meninjau langsung lokasi, serta akan dikaji seberapa mendesaknya TPS harus dipindah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Kalau recovery bencana itu kan kita akan melihat, kalau sampai tahapan tertentu memang harus dipindah ya pindah," ujar Wahyu. Tsunami di Selat Sunda menerjang pesisir Banten dan Lampung Selatan Sabtu, 22 Desember 2018 malam. Data terbaru mencatat korban meninggal dunia mencapai 373 orang dan 1.459 orang luka-luka.

Sebanyak 128 orang masih dinyatakan hilang serta 5.665 orang terpaksa mengungsi akibat bencana ini. Keseluruhan korban berasal dari lima kabupaten terdampak bencana. Meski begitu, jumlah pengungsi berkurang drastis dari semula 11.453 orang menjadi 5.361 orang.


(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi