Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti. Foto: MI/Ramdani
Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti. Foto: MI/Ramdani

Masyarakat Ingin Ketegangan Pilpres Segera Berakhir

Pemilu pilpres 2019
Ilham wibowo • 21 April 2019 15:04
Jakarta: Masyarakat ingin ketegangan politik pasca Pilpres 2019 segera berakhir. Pasalnya, mereka sudah jenuh dengan ketegangan yang semakin menjadi mulai awal hingga akhir kampanye.
 
"Eskalasi terus memanas, kita sedih, banyak masyarakat berharap kehidupan politik menjadi normal," kata Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti ditemui di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Minggu, 21 April 2019.
 
Ray mengatakan klaim kemenangan yang terus digaungkan para pendukung calon membuat masyarakat bingung. Padahal, jalur resmi sesuai konstitusi sudah dijalankan oleh penyelenggara pemilu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak orang berharap 17 April cepat selesai, tapi apa mau disebut setelah tanggal 17 itu ternyata tidak baik juga. Orang mudah menuduh dan suasana kurang lebih sama," ungkapnya.
 
Elite politik diminta menciptakan suasana damai. Peserta pemilu maupun pendukungnya harus berhenti saling klaim kemenangan hingga muncul keputusan resmi KPU.
 
KPU saat ini masih menghitung perolehan suara calon presiden dan calon wakil presiden secara berjenjang. Penyelenggara Pemilu baru akan mengumumkan hasil resminya pada 22 Mei 2019.
 
"Saya berharap ditangkap elite politik termasuk meredam tindakan yang dapat mencederai demokrasi," kata Ray.
 
Koalisi masyarakat sipil akan mengawal jalannya penghitungan suara. Para kandidat hanya perlu siap menghadapi saat dinyatakan kalah dalam perolehan suara.
 
"Kalau sudah ikrar sebaiknya menunggu klaim kemenangan pada 22 Mei 2019. Sambil tidak boleh meninggalkan pengawalan pemilu, elite menahan diri yang ditunjukan kepada masyarakat," ujarnya.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif