Ilustrasi pemilu. Medcom.id/M Rizal.
Ilustrasi pemilu. Medcom.id/M Rizal.

KPU Janji Perbaiki Proses Input Data Situng

Pemilu kpu
Kautsar Widya Prabowo • 16 Mei 2019 15:06
Jakarta: Anggota Biro Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Setya Indra Arifin akan memperbaiki proses input data dalam Sistem Perhitungan Suara (Situng). KPU akan menjalankan putusan Bawaslu untuk memverifikasi dulu data yang masuk ke Situng.
 
"Persoalan tata cara yang perlu diperbaiki, itu kan soal penginputan. Dan karena Bawaslu tadi menekankan pada validasi data maka pada problem itulah kita harus memperbaiki ya," ujar
Indra di Ruang Sidang Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Baca: KPU Apresiasi Putusan Bawaslu Soal Situng

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPU akan lebih memperhatikan kebenaran data yang akan diinput ke dalam Situng. Hal itu dilakukan agar kekeliruan data tak lagi terulang.
 
KPU akan tetap menginpun data ke dalam Situng hingga tuntas. Indra berjanji putusan Bawaslu akan dijalankan segera sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan kepada KPU.
 
"Pasti kita jalani. Dan maksimal tiga hari itu sudah harus kita tindaklanjuti. Karena penting, apalagi untuk keterbukaan, dan ditekankan tadi ya situng masih tetap berjalan," pungkasnya.
 
Baca: KPU Pastikan Situng Tetap Berjalan
 
Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melanggar tata cara penginputan data dalam sistem informasi penghitungan suara (Situng). Putusan tersebut menanggapi laporan Nomor 007/LP/PP/ADM/RI/00.00/V/2019, dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang menyebut terdapat kekeliruan input data Situng.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif