Pensejajaran Sandiaga dengan Bung Hatta Dianggap Lancang
Sandiaga Uno. Foto: Antara/Rosa Pangabean
Jakarta:Kepala Kantor Rumah Aspirasi Jokowi-Kiai Maruf, Deddy Sitorus, menilai adalah kesalahan besar menyandingkan Sandiaga Uno, seolah seperti Mohammad Hatta atau Bung Hatta. Pensejajaran itu adalah pelecehan terhadap sejarah.

Menurut Deddy, Bung Hatta, Soekarno, dan Jenderal Sudirman adalah tokoh besar Indonesia. Mereka besar karena ide-ide otentik dan pertarungan ideologi. Juga pertarungan fisik. Pejuang pemikir sekaligus pemikir pejuang.


“Sosok mereka (Bung Karno, Hatta, dan Sudirman-Red.) dalam sejarah adalah sumber inspirasi bagi Indonesia. Mereka bertransformasi dari masa penjajahan hingga menjadi pribadi-pribadi terbaik bagi negeri ini,” kata Deddy, Kamis, 25 Oktober 2018.

Deddy mengatakan, menjajarkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno seolah Jenderal Sudirman dan Bung Hatta teramat lancang. Tidak pantas. Melecehkan memori kolektif bangsa. "Klaim palsu yang tak punya dasar etis dan historis,” terang Deddy.

Jadi, Deddy sangat mahfum andai Gustika Jusuf Hatta, cucu Bung Hatta, berang dengan klaim tim Prabowo-Sandiaga. Gustika tidak terima Bung Hatta disamakan dengan Sandiaga untuk kepentingan politik.

“Bung Karno, Bung Hatta, dan Sudirman adalah nasionalis yang direkam dalam setiap langkah perjuangan. Sementara Prabowo dan Sandiaga adalah sebenar-benarnya kapitalis yang mencoba bersalin wajah politisi prorakyat kecil,” kata dia.

Menurut Deddy, kejadian ini semakin menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Sandiaga gagal menemukan otentitas diri, baik rekam jejak maupun visi untuk dipersembahkan pada rakyat Indonesia. Akhirnya mereka melakukan propaganda murahan hingga mencocokkan diri dengan sosok pendiri bangsa.

“Sandiaga dibesarkan industri keuangan, investasi, dan kapitalis Amerika. Demikian juga dengan Prabowo yang merupakan produk barat dan diakui adiknya, Hashim Djojohadikusumo,” ujar Deddy.





(ALB)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id