Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar (kedua dari kiri). Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar (kedua dari kiri). Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Sejumlah Purnawirawan TNI AD Serukan Jaga Persatuan

Pemilu pemilu serentak 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 20 Mei 2019 23:36
Jakarta: Sejumlah Purnawirawan TNI Angkatan Darat (AD) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga persatuan. Seruan ini didasari rasa keprihatinan atas kondisi masyarakat yang seolah terbelah akhir-akhir ini.
 
"Kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur harus kita wujudkan," kata Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar di Akmani Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 20 Mei 2019.
 
Dia mengajak masyarakat untuk aktif dalam menjaga dan menciptakan suasana keamanan dan ketertiban yang kondusif. Hal ini dinilai sebagai prasyarat bagi keberhasilan pembangunan nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Wismoyo juga mengimbau para purnawirawan, dan perwira TNI Angkatan Darat (AD) untuk terus menjaga karakter prajurit agar mengabdi penuh pada bangsa. Ini merupakan amanat Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.
 
"Jangan sampai pengabdianmu (TNI) dibelokkan oleh kepentingan kekuasaan di luar konstitusi," ujarnya.
 
Selain itu, dia meminta seluruh pihak untuk mengikuti dan mematuhi seluruh proses demokrasi, termasuk hasil Pemilu. Sebab, pelaksanaan Pemilu dilakukan berdasarkan konstitusi dan peraturan perundang-undangan yang sah.
 
"Selain itu mari mewujudkan persatuan apapun suku, agama, ras, dan golongannya," imbuh mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) di era Presiden Soeharto itu.
 
Sementara itu Mayor Jenderal (Purn) Soekarno mengatakan sejatinya para purnawirawan menginginkan situasi yang kondusif. Purnawirawan mengajak agar semua pihak kembali berpijak pada konstitusi.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif