Ilustrasi, Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay.
Ilustrasi, Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay.

Masyarakat Diajak Kawal KPU

Pemilu pemilu serentak 2019
16 Mei 2019 16:00
Jakarta: Dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) menguat. Masyarakat diajak untuk mengawal putusan KPU terkait hasil Pemilu 2019.
 
Direktur Studi Demokrasi Rakyat (SDR) Hari Purwanto mengatakan keputusan KPU soal hasil pemilu yang akan diumumkan pada 22 Mei 2019 harus dikawal sesuai aturan konstitusi terutama UU No. 7 tahun 2017.
 
Hari menilai eksistensi dan esensi dari KPU adalah amanah dari undang-undang dasar sebagai lembaga independen untuk menyelenggarakan pemilu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“KPU telah dan terus bekerja maksimal serta profesional dalam menyelenggarakan Pemilu 2019, sehingga berjalan lancar dan baik," kata Hari di depan gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jakarta Pusat, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Menurutnya, KPU telah bekerja baik dalam menjaga akuntabilitasnya. Hal ini dilihat dengan kesediaan KPU membuka seluruh proses yang tengah dijalankan, termasuk dalam rekapitulasi suara.
 
"Kami dari Studi Demokrasi Rakyat mendukung penuh keputusan KPU atas hasil Pemilu 2019 berdasarkan amanat konstitusi UU Nomor 7 Tahun 2017," ujarnya.
 
Pihaknya menegaskan akan melawan segala bentuk penggiringan opini yang sesat dan provokatif serta berpotensi memecah belah bangsa atau mengganggu legitimasi KPU.
 
"Kami menolak people power, karena bukan langkah tepat dalam menyikapi dan menyelesaikan sengketa Pemilu 2019. Kami siap menjaga proses demokrasi secara konstitusional," katanya.
 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif