Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

KPU: Moderator dan Panelis Debat Kesepakatan Bersama

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Faisal Abdalla • 31 Desember 2018 16:33
Jakarta: Tim kampanye kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2019 diminta tak meributkan nama moderator dan panelis yang ditetapkan. Pasalnya moderator dan panelis merupakan hasil kesepakatan bersama, antara KPU dan kedua tim kampanye paslon.
 
"Moderator di dalam Undang-undang disebut harus dapat persetujuan tim kampanye. Kamu harus bisa simpulkan bahwa yang sekarang ditetapkan pasti dapat persetujuan dari keduanya," kata Ketua KPU, Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 31 Desember 2018.
 
Pasal 277 ayat (3) Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, tentang Pemilu menyatakan moderator debat Pasangan Calon dipilih KPU dari kalangan profesional dan akademisi yang mempunyai integritas tinggi, jujur, simpatik, dan tidak memihak kepada salah satu Pasangan Calon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagian penjelasan dari pasal tersebut mengatakan moderator debat Pasangan Calon yang dipilih KPU harus mendapat kesepakatan atau persetujuan para Pasangan Calon peserta debat.
 
Arief memastikan mekanisme tersebut sudah dijalankan ketika proses penentuan moderator dan panelis debat. Dia menegaskan KPU tidak akan mau menetapkan nama-nama yang tidak disetujui oleh salah satu pihak.
 
"Moderator, panelis, itu kita bahas. Makanya kenapa lama ada penundaan soal moderator, karena begitu ada yang tidak setuju, kita tak mau tetapkan," tandasnya.
 
Baca: Ma'ruf Berharap Moderator Debat Netral
 
KPU sudah memilih delapan orang panelis untuk menyusun pertanyaan saat debat publik pertama Pilpres 2019. Tujuh di antaranya sudah mengonfirmasi kesediaanya.
 
Mereka adalah; Guru besar Hukum Internasional, Hikmahanto Juwana; Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA), Bagir Manan; Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Ahmad Taufan Damanik; Ahli Hukum Tata Negara, Bivitri Susanti; Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), Adnan Topan Husodo; Mantan Ketua KPK, Bambang Widjojanto; Ahli Hukum Tata Negara, Margarito Kamis.
 
Debat publik capres-cawapres pertama dijadwalkan akan digelar pada 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.
 
Debat publik pertama diselenggarakan dengan format debat antarpasangan capres dan cawapres. Selain korupsi, isu yang akan diangkat dalam debat publik pertama meliputi isu Hukum, HAM, dan Terorisme.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi