Komisioner KPU Hasyim Asy'ari (kiri). Foto: MI/Ramdani.
Komisioner KPU Hasyim Asy'ari (kiri). Foto: MI/Ramdani.

KPU jadi Saksi Dugaan Pelanggaran Jokowi dan Prabowo

Pemilu pelanggaran kampanye pilpres 2019
Dian Ihsan Siregar • 25 Januari 2019 06:56
Jakarta: Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengaku menjadi saksi terkait dugaan pelanggaran penyampaian visi misi yang dilakukan capres nomor urut 01 Joko Widodo dan pidato kebangsaan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto di beberapa stasiun televisi. Kesaksian KPU untuk persidangan dugaan pelanggaran di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).
 
"Saya saksi ahli, pelaporan Pak Jokowi pidato visi misi dan pidato Pak Prabowo kebangsaan," ucap Hasyim di Gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019.
 
Kata Hasyim, dirinya menjadi saksi dengan memberi keterangan selama 3,5 jam. Hasyim dicecar banyak pertanyaan terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan Jokowi dan Prabowo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sejak 15.30 WIB hingga 19.00 WIB. Pertanyaan yang dilontarkan, apakah yang mereka lakukan termasuk kampanye atau tidak. Kalau kampanye, bentuk kampanyenya seperti apa," jelas Hasyim.
 
Dia menilai, penyampaian visi misi Jokowi merupakan pidato seorang presiden, sedangkan Prabowo bentuk dari kampanye yang bertatapan langsung dengan pendukungnya.
 
"Bentuk kampanyenya tatap muka, karena ada surat pemberitahuan ke Bawaslu akan melakukan kampanye tatap muka. Bahwa itu kemudian disiarkan, itu urusannya lembaga penyiaran. Tapi kalau soal iklan, itu kan belum saatnya," tutup Hasyim.
 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif