Ilustrasi Pemilu (Foto:Medcom.id)
Ilustrasi Pemilu (Foto:Medcom.id)

Keselamatan dan Kesehatan Petugas KPPS Jadi Bahan Evaluasi

Pemilu berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 22 April 2019 18:33
Jakarta:Pemilu 2019 menyisakan duka. Sebanyak 54 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan 10 aparat kepolisian gugur saat menjalankan tugasnya.
 
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya 54 petugas KPPS dan 10 aparat kepolisian. Mereka meninggal saat menjalankan tugas mengawal hasil pemilu akibat kelelahan, dan ada yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas.
 
"Ada para korban serta keluarga yang ditinggalkan. Pengorbanan mereka dalam menegakkan demokrasi di Indonesia tidak akan sia-sia," kata Ketua DPR yang akrab disapa Bamsoet, dalam keterangan tertulis, Senin, 22 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Golkar itu meminta pemerintah memberikan santunan kepada keluarga yang ditinggalkan. Selain itu, pemerintah daerah juga diminta memberikan pengobatan gratis kepada para petugas yang sakit.
 
Bamsoet meminta agar keselamatan dan kesehatan para petugas penyelenggara pemilu diperhatikan. Misalnya, melalu penyediaan asuransi.
 
"Dengan begitu, negara hadir memperhatikan para petugas KPU dan Polri yang gugur di medan juang pemilu dirasakan oleh mereka dan keluarganya. Termasuk menjamin kesehatan serta keselamatan para petugas KPPS, Polri, dan TNI yang masih bertugas mengawal rekapitulasi hasil Pemilu," kata Bamsoet.
 
Bamsoet menambahkan, berbagai kejadian Pemilu Serentak 2019 akan menjadi catatan untuk evaluasi masa akan datang. Dari mulai masa kampanye yang terlalu lama, sistem pemilihan yang rumit, serta tidak adanya asuransi yang melindungi petugas di lapangan.
 
"Kita ingin agar penyelenggaraan pemilu ke depannya berjalan lebih baik lagi. Oleh karena itu perbaikan sistem mutlak harus dilakukan. Pembenahan akan dilakukan mulai dari hulu hingga hilir. Terutama yang menyangkut keselamatan dan perlindungan petugas di lapangan," kata Bamsoet.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif