Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti. (Foto: Medcom.id/Kautsar Prabowo)
Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti. (Foto: Medcom.id/Kautsar Prabowo)

Debat Cawapres Disebut Tak Mendongkrak Elektabilitas

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Kautsar Widya Prabowo • 15 Maret 2019 11:31
Jakarta: Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti menyebut debat ketiga Pilpres 2019 tak akan mendongkrak elektabilitas calon. Dia menyebut mayoritas pemilih telah menentukan pilihan.
 
"Sehingga tidak memiliki implikasi serius terhadap suara. Jangankan (calon) wakil presiden, (calon) presiden pun tidak memiliki implikasi suara yang signifikan terhadap pergeseran suara," ujar dia di Jakarta, Kamis, 14 Maret 2019.
 
Dalam debat yang diselenggarakan Minggu, 17 Maret 2019, elektabilitas bukanlah sesuatu yang diincar. Melainkan celah-celah kesalahan dari masing-masing calon yang akan digoreng kemudian setelah debat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang ditangkap itu soal olok-olok antara para pemilih. Besar dugaan saya yang ditunggu bukan soal apa yang mereka omongkan tapi siapa yang salah ngomong," tuturnya.
 
Kendati demikian, debat cawapres adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu. Masyarakat terutama pemilih ingin tahu seperti apa performa yang akan ditampilkan oleh Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Terlebih keduanya berlatar belakang berbeda.
 
Baca juga:KPU Tambah Durasi Segmen Debat Cawapres
 
Salah satu tema ketenagakerjaan, kata dia, akan menjadi cermin bagi keduanya mengungkapkan sudut pandang masing-masing. Apakah akan dijawab dengan ekonomi syariah atau hanya terbatas dalam konteks bisnis.
 
"Ini akan mempertegas identitas mereka, misalnya apakah mereka masuk ke kelompok nasional yang lebih banyak mengadopsi kegiatan-kegiatan agamis atau sebaliknya," terang Ray.
 
Senada, Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati juga menilai debat ketiga tidak akan mengangkat elektabilitas dari kedua calon. Pertemuan Ma'ruf versus Sandi hanya akan menjadi hiburan dan pelengkap.
 
"Debat publik belum memberikan dampak. Kalau dihitung pun hanya dua persen sampai tiga persen (pengaruh terhadap elektabilitas). Ini pun tidak langsung terjadi setelah debat," imbuhnya.
 
Debat ketiga Pilpres 2019 akan digelar Minggu, 17 Maret 2019. Debat hanya akan menyertakan calon wakil presiden dipandu oleh jurnalis Alfitto Deannova dan Putri Ayuningtyas. Calon wakil presiden 01 Ma'ruf Amin dan cawapres 02 Sandiaga Uno akanberadu gagasan, visi misi, program di bidang pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, sosial, dan budaya.
 
Baca juga:Ma'ruf Amin Punya Strategi Khusus Hadapi Debat Pilpres
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi