Sekretaris Jenderal Association of World Election Bodies (A-WEB), Seung Ryeol Kim. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Sekretaris Jenderal Association of World Election Bodies (A-WEB), Seung Ryeol Kim. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Badan Pemilu Dunia Sebut Pemilu Indonesia Transparan dan Kredibel

Pemilu pemilu serentak 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 17 April 2019 17:27
Jakarta: Sejumlah perwakilan luar negeri salut dan mengapresiasi pelaksanaan Pemilu 2019 Indonesia yang dilakukan secara serentak. Mereka bahkan menyebut transparansi pesta demokrasi di Indonesia sangat baik.
 
"Indonesia punya tingkat transparansi yang tinggi, terbukti dari banyaknya saksi di sini," kata Sekretaris Jenderal Association of World Election Bodies (A-WEB), Seung Ryeol Kim di TPS 010 Kelurahan Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Rabu 17 April 2019.
 
Dia juga mengapresiasi pelaksanaan Pemilu serentak ini. Menurutnya semua hal berjalan baik dan tidak ada kekerasan serta konflik yang berarti. "Saya senang melihat Pemilu di sini," kata pria asal Korea Selatan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Senada, Kepala KPU asal Myanmar mengatakan hal serupa. Dia menyebut Pemilu di Indonesia sangat transparan.
 
Hla mengaku salut dengan Indonesia yang bisa melaksanakan pemilihan pemimpin secara serentak. Hal ini, kata dia, berbeda dengan Myanmar yang memilih masing-masing parlemen di hari yang berbeda.
 
"Bahkan saya mengasumsikan Pemilu di Indonesia kredibel," kata U Hla Thein di TPS tempat B.J Habibie mencoblos tersebut.
 
Baca: Jokowi Optimistis
 
Sebelumnya, Inspektorat Komisi Pemilihan Umum (KPU) menemani sejumlah perwakilan negara tetangga memantau pelaksanaan Pemilu serentak 2019. Para peserta mengaku sangat terkesan dengan pesta demokrasi Indonesia ini.
 
"Mereka sangat terkejut. Misalnya bagaimana kita menangani penyandang sosial mental yang di belum sebagus kita di negara mereka," kata Inspektur KPU Adiwijaya Bakti.
 
Dia menyebut kegiatan ini adalah program elektoral fisik, yaitu membuka kesempatan pada dunia internasional dan pengamat luar negeri mengenal proses pelaksanaan Pemilu di Indonesia. Ada beberapa negara yang menjadi bagian dalam program kali ini.
 
“Ada yang dari Uzbekistan, Jepang, Mozambik, hingga media dari Mesir," kata Adiwijaya.

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif