KPU Jamin Keadilan Kampanye
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman--Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Jakarta:Komisi Pemilihan Umum menjamin kesetaraan dalam masa kampanye Pemilu 2019. Semua peserta pemilu diperlakukan sama rata. 

"Itu untuk menjamin kompetisi ini berlangsung equal, sama, setara," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Desember 2018. 


Arief mengatakan salah satu cara KPU menjamin kesetaraan dalam kampanye melalui fasilitasi alat peraga kampanye (APK). KPU akan memfasilitasi alat peraga kampanye kepada peserta pemilu dengan jumlah yang sama bagi tiap-tiap peserta. 

Meski peserta pemilu dipersilahkan memproduksi APK di luar fasilitas KPU, tapi jumlahnya harus tetap sama dengan peserta lainnya. 

"Kalau misalnya negara tidak bisa memfasilitasi dalam jumlah banyak, jika peserta pemilu mau memproduksi sendiri boleh, tetapi KPU tetap atur jumlahnya harus sama. Kalau si A kita kasih kesempatan menambah produksinya 10 item, maka si B juga diberi ksempatan yg sama 10 item," jelas Arief. 

Selain APK, KPU juga akan memfasilitasi iklan kampanye di media masa cetak maupun elektronik. Metode kampanye iklan di media masa baru dilakukan serentak 21 hari jelang berakhirnya masa kampanye. 

"Semua akan diiklankan oleh KPU. Kamu boleh punya uang banyak, tapi kamu tidak boleh memborong semua jatah iklan di televisi dan membuat peserta lain tidak kebagian," tegas Arief. 

Arief mengatakan, fasilitas kampanye selain bertujuan untuk menciptakan kesetaraan, juga untuk menekan biaya kampanye. "Jadi hal-hal tertentu kita batasi, Anda nggak perlu keluar uang, supaya Anda juga murah pemilunya, murah juga bagi kita, maka potensi dampak buruk pemilu bisa diminimalisir," tandas Arief



(LDS)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id