Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. ANT/Sigid Kurniawan.
Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. ANT/Sigid Kurniawan.

Kedua Kubu Diminta Bangun Optimisme Publik

Pemilu pilpres 2019
Candra Yuri Nuralam • 16 Januari 2019 07:26
Jakarta: Pasangan calon presiden dan wakil presiden diminta tak menyampaikan pidato yang sarat materi negatif. Joko Widodo dan Prabowo Subianto diminta membangun optimisme publik.
 
"Tugas pemimpin adalah membangun optimisme, itu tugas pemimpin di manapun," kata Kepapa Pusat Penelitian Politik LIPI Syamsuddin Haris di Kantor LIPI, Jakarta, Selasa, 15 Januari 2019.
 
Haris menyebut pidato yang mengandung optimisme bisa meminimalisir gesekan pendukung dari dua kubu. Ia menambahkan jika diberikan argumen negatif terus menerus, masyarakat akan putus asa dan kecewa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia meminta pasangan calon menyampaikan program menggunakan argumentasi positif. Sehingga, masyarakat optimistis menyambut Pilpres 2019.
 
"Apa agenda kebijakan yang dibutuhkan supaya Indonesia menjadi jauh lebih maju, tidak miskin lagi, punya daya saing, dan sebagainya," pungkas Haris.
 
Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan beradu argumen dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam debat pertama pada 17 Januari 2019. Debat pertama mengusung tema hukum, hak asasi manusia, terorisme, dan korupsi.

 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi