Calon Presiden Joko Widodo (kanan) dan Prabowo Subianto (kiri). Foto: Antara/Puspa.
Calon Presiden Joko Widodo (kanan) dan Prabowo Subianto (kiri). Foto: Antara/Puspa.

Menanti `Tarung Bebas` Jokowi dan Prabowo

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
Faisal Abdalla • 17 Februari 2019 13:21
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan persiapan penyelenggaraan debat kedua Pilpres 2019 berjalan lancar. Debat kedua dengan tema energi, sumber daya alam dan lingkungan hidup, infrastruktur dan pangan siap digelar.
 
"Dapat saya sampaikan tidak ada kendala yang berarti," kata Komisioner KPU, Wahyu Setiawan di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, 17 Februari 2019.
 
Wahyu mengatakan KPU akan menyelenggarakan gladi bersih persiapan debat. Gladi bersih melibatkan media penyelenggara, pihak hotel, tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden hingga pihak keamanan TNI, Polri, dan Paspampres.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada debat kedua kali ini, KPU mengalokasikan 600 kursi tamu undangan. Dari total 600 undangan, masing-masing kubu pasangan calon presiden diberi jatah 140 kursi, sementara 320 sisanya dialokasikan untuk undangan KPU.
 
Debat kedua pilpres secara umum akan terbagi ke dalam enam segmen. Di antara enam segmen tersebut, KPU memperkenalkan format baru debat, yaitu sesi 'tarung bebas' di segmen keempat.
 
Pada sesi itu, KPU akan menayangkan video singkat seputar tema debat. Nantinya kedua pasangan calon presiden dipersilakan menanggapi permasalahan yang diangkat dalam video.
 
Baca: BPN Prabowo-Sandi Dinilai Politisasi Masjid
 
Di sesi ini, capres bisa saling bertanya dan menanggapi jawaban capres lainnya tanpa dibatasi durasi singkat seperti pada debat-debat sebelumnya.
 
"Kita berharap format ini membuat kandidat tampil lebih bersinar, natural, dan lebih eksploratif untuk menyampaikan gagasan besar menyangkut visi, misi, dan program masing-masing," katanya.
 
Debat kedua pilpres 2019 akan digelar pukul 20.00 WIB. Debat mempertemukan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Keduanya akan beradu ide, gagasan, visi-misi, program di bidang lingkungan hidup dan sumber daya alam, energi, pangan dan infrastruktur.
 

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif