Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar

Mahfud Sebut People Power Sudah Dilaksanakan 17 April

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
M Sholahadhin Azhar • 18 Mei 2019 04:30
Jakarta: Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD menilai gerakan people power sejatinya sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada 17 April 2019 lalu. Sebab, menurut dia, people power sesungguhnya yakni memberikan hak suaranya di bilik pemungutan suara.
 
"People power yang sesungguhnya itu rakyat memberikan suara ketika pemilu dan itu harus diikuti dengan penuh ksatria hasilnya. Kalau ada masalah selesaikan secara hukum," ujar Mahfud di kediaman Mega, Jumat, 17 Mei 2019.
 
Menurutnya, setelah itu tak ada lagi yang dinamakan people power. Sebab syarat untuk gerakan masyarakat haruslah mendesak dan untuk kepentingan bersama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemilu, kata Mahfud, jelas merupakan kepentingan bersama. Tanpa menyinggung pihak yang menyuarakan people power, ia melihat tak ada syarat untuk hal tersebut pasca-pemilu, kecuali motif segelintir kelompok, bukan masyarakat luas.
 
Mahfud mengimbau pihak-pihak yang menyuarakan people power agar menempuh jalan sesuai konstitusi. Artinya, semua sengketa pemilu harus diselesaikan di Mahkamah Konstitusi.
 
"Kalau tanggal 25 Mei dan jam 00.00 WIB itu tidak ada (gugatan di MK). berarti tanggal 26 sudah ada presiden baru yang siap dilantik kembali pada bulan Oktober," kata Mahfud.
 
Saat ini, ia mengakui ada riak-riak kecil terkait pemilu. Pun demikian, Mahfud yakin masyarakat bisa legawa menerima hasil pilpres.
 
"Kita optimis semuanya akan mengikuti mekanisme itu," ujar dia.
 

(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif