Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Pemilu di Lapas Mengalami Sedikit Kendala

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Fachri Audhia Hafiez • 17 April 2019 18:35
Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengakui pemungutan suara di sejumlah lembaga pemasyarakatan (lapas) terkendala. Kendala berupa administrasi warga binaan untuk mencoblos.
 
Yasonna menyebut warga binaan banyak yang dipindahkan sementara ke lapas lain. Namun, tidak memiliki formulir C6 atau surat undangan untuk melakukan pencoblosan.
 
"Ya memang beberapa kendala ada napi yang tinggalnya ditransfer ke daerah bukan penduduk situ," kata Yasonna ditemui di Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu, 17 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kendati demikian, Yasonna mengaku, telah bekerja sama dengan Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) jauh-jauh hari untuk melakukan pemindahan warga binaan agar bisa mencoblos.
 
"Kita sudah kerja sama dengan Dukcapil sejak 3-4 bulan yang lalu,” ujar Yasonna.
 
Sementara itu, kendala lain yang ditemui oleh Kemenkumham ada sebagian masyarakat yang tidak mengurus formulir C6. Adapula pemungutan suara terkendala cuaca.
 
"Tapi overall saya kira baik, di beberapa daerah ada hujan memang ada sebagian masyarakat yang terhalang tapi sebentar berjalan dengan baik," ucap Yasonna.
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif