Ketua KPU Arief Budiman bersama Ketua Bawaslu Abhan dan Anggota DKPP Alfitra Salamm saat monitoring rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 melalui aplikasi Situng di Gedung KPU, Jakarta, Sabtu (20/4). MI/Bary Fathahilah
Ketua KPU Arief Budiman bersama Ketua Bawaslu Abhan dan Anggota DKPP Alfitra Salamm saat monitoring rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 melalui aplikasi Situng di Gedung KPU, Jakarta, Sabtu (20/4). MI/Bary Fathahilah

KPU Persilakan Peserta Pemilu Lapor Hasil Situng

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Kautsar Widya Prabowo • 20 April 2019 18:40
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau kepada peserta pemilu, untuk dapat melaporkan jika merasa data yang diinput dalam sistem hitung (Situng) tidak sesuai. Ini agar KPU dapat segera bertindak untuk mengkroscek hasil lebih lanjut.
 
"Kami tentu membuka diri apabila terjadi kesalahan-kesalahan yang ditemukan siapapun oleh masyarakat pemantau, oleh peserta pemilu. Silakan sampaikan ke kami kami lakukan pengecekkan," ujar Ketua KPU RI Arief Budiman, di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Sabtu, 20 April 2019.
 
KPU juga mempersilakan jika ada saksi maupun perwakilan dari partai politik untuk dapat ikut memantau Situng. Pasalnya, kini KPU telah memfasilitasi dengan mendirikan tenda pemantau Situng.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tenda yang didirikan di halaman gedung KPU memiliki dua layar besar untuk memantau perolehan suara pilpres tingkat nasional. Sedangkan pada sisi kanan dan kiri disediakan masing-masing tiga layar kecil untuk memantu perolehan suara partai politik.
 
"Tampilan di layar ini tampilan real time, real count yang dilakukan oleh kpu kabupaten kota berdasarkan hasil pergitungan suara di masing-masing TPS," tuturnya.
 
Arief mengatakan, lokasi pelaporan tersebut akan dibuka hingga 22 Mei 2019, waktu yang telah ditentukan KPU dalam mengumumkan secara resmi hasil Pemilu 2019. Bahkan, baik parpol dan peserta pemilu dapat memberikan keterangan pers di lokasi tersebut.
 
"Mau berikan info, mau konferensi pers juga boleh, di ruangan ini peserta pemilu, ada TKN 01, BPN 02, serta 16 parpol dan empat parpol lokal Aceh, calon DPD silakan gunakan ruangan ini," imbuhnya.
 
Baca:KPU Tak Larang Deklarasi Kemenangan
 
Sementara itu, dilkoasi yang sama Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Abhan mengajak peserta pemilu untuk mengawal jalannya rekaptulasi yang saat ini tengah dalam tingkat kecamatan. Agar ketika ada keberatan maka bisa diselesaikan, tidak menunda-nunda persoalan.
 
"Meskipun ada ada jajaran kami (Bawaslu) pengawas di tingkat kecermatan tapi alangkah baiknya masing-masing saksi di kabupaten, kecamatan, provisi ada saksi," pungkasnya.
 

(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif