Ketua KPU Arief  Budiman mengatakan rapat pleno malam ini membahas besaran santunan bagi petugas KPPS yang meninggal dunia. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Ketua KPU Arief Budiman mengatakan rapat pleno malam ini membahas besaran santunan bagi petugas KPPS yang meninggal dunia. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

KPU Bahas Besaran Santunan Petugas KPPS yang Meninggal

Pemilu kpu
Muhammad Syahrul Ramadhan • 21 April 2019 21:54
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membahas mekanisme dan besaran santunan bagi petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang meninggal saat bertugas. Mekanisme dan besaran santunan itu dibahas dalam rapat pleno malam ini.
 
"Malam ini kita rapat pleno. Salah satu yang kita bahas soal santunan anggota KPPS yang meninggal," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Minggu, 21 April 2019.
 
Selain santunan untuk petugas KPPS yang meninggal, rapat pleno KPU juga membahas beberapa agenda lainnya. Di antaranya terkait pelaksanaan pemilu susulan, pemilu ulang, pemilu lanjutan, perkembangan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng), serta persiapan rekapitulasi di tingkat nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: KPU akan Menyantuni Petugas KPPS yang Meninggal
 
Saat ini KPU masih mendata jumlah keseluruhan anggota KPPS yang meninggal maupun yang sakit. Selain informasi jumlah, KPU juga akan membahas mekanisme penyaluran santunan bagi anggota KPPS yang meninggal, kecelakaan, maupun yang sakit.
 
"Kita akan bahas berapa besarannya dan dari mana sumber anggaran yang akan diambil untuk santunan ini. Mekanisme penyaluran juga harus ditetapkan," ungkap Arief.
 
Dia bilang, sebelum pemilu berlangsung, KPU sudah mengajukan asuransi untuk anggota KPPS, tetapi ditolak. Pascatahapan pemilu berjalan dan banyak kejadian anggota KPPS yang meninggal, KPU kembali mengusulkan dalam bentuk yang berbeda, yakni santunan.
 
Baca juga: 12 Petugas KPPS di Jabar Meninggal Saat Pemilu
 
Sebelumnya, KPU Provinsi Jawa Barat mencatat sebanyak 12 orang petugas KPPS meninggal hingga 19 April 2019. Sebanyak 12 petugas itu tersebar di sembilan kabupaten dan kota di Jawa Barat.
 
Peristiwa serupa juga terjadi di Jawa Tengah, sebanyak delapan orang petugas KPPS meninggal dunia karena kelelahan saat menjalankan tugas. Di Lampung, ada tiga petugas yang meninggal dunia.
 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif