Ketua KPU Arief Budiman (dua dari kiri pembaca)/Medcom.id/Fachri
Ketua KPU Arief Budiman (dua dari kiri pembaca)/Medcom.id/Fachri

KPU: Moderator Debat Publik Harus Independen

Pemilu pilpres 2019
Faisal Abdalla • 28 Desember 2018 12:24
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut moderator yang akan memandu jalannya debat Pilpres 2019 harus independen. Moderator tak boleh mendukung salah satu paslon secara terbuka.

"Kita lihat dari rekam jejaknya selama ini, apakah dia pernah mendeklarasikan dukungan ke salah satu paslon atau tidak. Kalau sudah kelihatan declare, dukung salah satu paslon, sebaiknya tidak (dipilih jadi moderator)," kata Ketua KPU Arief Budiman ketika dikonfirmasi, Jumat, 28 Desember 2018.

Moderator juga harus paham bagaimana cara memandu sebuah debat sesuai UU dan Peraturan KPU (PKPU). Moderator harus memperlakukan kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden adil dan setara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: KPU Ingin Moderator Debat Disepakati Kedua Paslon KPU dan tim kampanye kedua pasangan calon kembali menggelar rapat membahas persiapan debat publik pertama hari ini. Moderator debat publik belum ditetapkan karena kedua kubu pasangan capres-cawapres belum menemukan satu nama yang disepakati bersama.

"Sejauh ini nama yang diusulkan berbeda, dari KPU berbeda dan paslon juga ada yang beda. Kalau KPU, jika nama-nama yang diusulkan tidak dipakai, tidak masalah, yang penting masing-masing paslon sepakat," tandas Arief.

Baca: Jadwal Lengkap Debat Pilpres 2019

KPU mengusulkan enam calon moderator. Mereka berasal dari kalangan jurnalis dan praktisi media, yakni Najwa Shihab, Ira Koesno, Bayu Sutiyono, Tommy Tjokro, Alvito Dinova, dan Prabu Revolusi.

Debat publik capres-cawapres pertama dijadwalkan pada 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Debat publik pertama diselenggarakan dengan format debat antarpasangan capres dan cawapres. Isu yang akan diangkat dalam debat publik pertama meliputi isu Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.


(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi