Menkopolhukam Wiranto menggelar rapat koordinasi kampanye Akbar bersama jajaran TNI dan Polri--Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Menkopolhukam Wiranto menggelar rapat koordinasi kampanye Akbar bersama jajaran TNI dan Polri--Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Wiranto Sebut Tantangan Pemilu 2019 Adalah Hoaks

Pemilu pengamanan pemilu hoax
Ilham Pratama Putra • 20 Maret 2019 11:35
Jakarta: Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menggelar rapat koordinasi kampanye Akbar bersama jajaran TNI dan Polri. Rapat ini mempersiapkan pengamanan kampanye hingga perhitungan suara pemilihan umum (pemilu) 2019.
 
Wiranto mengatakan tantangan pengamanan dan pemilu tahun ini adalah berita bohong atau hoaks.
 
"Kita tahu bahwa saat ini cukup marak hoaks. Kita menghadapi ancaman baru yang dulu tidak ada. Pemilu tahun-tahun lalu enggak semarak ini hoaks," kata Wiranto di Gedung Kementrian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta Pusat, Rabu 20 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut berita bohong merupakan teror. Mantan panglima ABRI ini menilai berita bohong memunculkan kerusuhan di masyarakat. "Seakan-akan pemilu akan tidak aman (karena berita hoaks). Ini isu. Tidak ada fakta. Oleh karena itu kita hadapi sebagai teror. Segera kita atasi dengan cara tegas dan keras," ucap Wiranto.
 
Baca: Polri Ajak Milenial Perangi Hoaks
 
Untuk itu hari ini Wiranto mengumpulkan pejabat dari KPU, Bawaslu, BIN, Panglima Tni, Polri. Agar agenda demokrasi, Pemilu 2019 aman hingga surat suara selesai dihitung.
 
"Kita menyinkronkan, menyinergikan, upaya kita untuk mengamankan pemilu. Pemilu adalah kebanggan bangsa. Pemilu adalah pesta demokrasi, bukan menciptakan konflik," pungkasnya.
 
Rapat ini diikuti jajaran TNI dan Polri. Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia(Kaporli) Tito Karnavian, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Hadi Tjahjanto, Wakil Kepala Badan Intelejen Nasional (Waka. BIN) Teddy Lhaksmana.
 
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief budiman dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan juga menghadiri rapat ini.
 
Pemilu 2019 berbeda dari sebelumnya. Pemilu kali ini diadakan serentak. Masyarakat mencoblos presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi maupun kabupaten/kota, dan DPD di hari yang sama. Pencoblosan digelar 17 April 2019.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif