Caleg DPR RI dari Partai Berkarya Siti Hediati Soeharto atau Titiek Soeharto - ANT/Weli Ayu Rejeki
Caleg DPR RI dari Partai Berkarya Siti Hediati Soeharto atau Titiek Soeharto - ANT/Weli Ayu Rejeki

Titiek Soeharto Gagal Melaju ke Senayan

Pemilu pemilu serentak 2019
Media Indonesia • 12 Mei 2019 09:49
Yogyakarta: KPU DIY telah merampungkan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu untuk DPR. Hasilnya, delapan caleg DPR Dapil DIY yang berasal dari tujuh parpol berhasil melenggang ke Senayan.
 
Mereka ialah Idham Samawi (PDIP), My Esti Wijayati (PDIP), Gandung Pardiman (Partai Golkar), Subardi (Partai NasDem), Hanafi Rais (PAN), Andika Pandu Puragabaya (Partai Gerindra), Sukamta (PKS), dan Sukamto (PKB).
 
Siti Hediati Soeharto atau Titiek Soeharto dari Partai Berkarya gagal ke Senayan karena hanya memperoleh 26.159 suara. Sama dengan Partai Berkarya, Partai Demokrat juga gagal meraih satu kursi di Senayan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal itu terjadi karena perolehan parpol untuk DPR berjumlah 19.951 suara dan calegnya, yakni Roy Suryo hanya mampu meraup 24.415 suara. Tak hanya Demokrat, PPP juga gagal memperoleh satu kursi di Senayan. Padahal, PPP meraup 28.317 suara untuk parpol, Namun, calegnya Iip Wijayanto hanya meraup 16.135 suara.
 
(Baca juga:10 Nama Lolos ke Senayan Lewat 'Dapil Neraka' Jatim I)
 
Untuk pilpres, pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo- Ma'ruf Amin unggul di empat kabupaten dan satu kota di wilayah Provinsi DIY.
 
Jokowi-Ma'ruf meraih total 1.655.174 suara atau sekitar 69,03% dari total pemilih, sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya mampu mendapatkan 742.481 suara atau 30,97%.
 
Jumlah suara sah seluruh wilayah DIY sebanyak 2.397.655. Perolehan suara Jokowi-Ma'ruf terpaut sebanyak 912.693 suara dari suara Prabowo-Sandiaga.
 
"Semua sudah lengkap. Kita sahkan hasil perolehan suara calon presiden dan wakil presiden sesuai data yang ada," kata Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan.
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif