Ketua Bawaslu RI Abhan. Foto: MI/Pius Erlangga.
Ketua Bawaslu RI Abhan. Foto: MI/Pius Erlangga.

BPN Geruduk Bawaslu Tanya Perkembangan Laporan Pelanggaran

Pemilu pilpres 2019
Fachri Audhia Hafiez • 13 Mei 2019 04:12
Jakarta: Sejumlah sekjen partai pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendatangi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Kedatangan mereka berkaitan dengan tindak lanjut laporan adanya dugaan pelanggaran pemilu.
 
"Kita tadi audiensi, pertama, kemarin kan ada beberapa laporan yang bisa kita tangani dan mereka menanyakan tindak lanjutnya gimana, dan kami sampaikan bahwa sedang berproses," kata Ketua Bawaslu Abhan ditemui di Kantor KPU Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 12 Mei 2019.
 
Para sekjen yang menggeruduk Bawaslu ialah Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno, Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan, dan Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso. Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) absen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka melakukan audiensi di sela rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional dan penetapan hasil Pemilu 2019 di Kantor KPU Pusat Jakarta.
 
Abhan mengatakan, beberapa laporan dari BPN seperti dugaan pelanggaran dalam perhitungan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU dan mengenai hitung cepat (quick count) sedang dalam proses. Sementara dugaan terkait kecurangan pemilu yang terstruktur, sistematis, dan masif belum teregistrasi lantaran dokumen belum lengkap.
 
"Yang terstruktur sistematis masif dari BPN juga saya katakan tadi laporannya belum lengkap, masih ada berkas yang mesti dilengkapi. Secara formil dan materil masih kurang," ujar Abhan.
 
Ia menegaskan para sekjen tersebut hanya menanyakan mengenai perkembangan laporan mereka. Abhan membantah para sekjen mendorong adanya percepatan proses pelaporan.
 
"Namanya kami penyelenggara, mereka peserta pemilu, sebatas kami ada waktu ya kami bisa menerima ya gapapa," ujar Abhan.
 
Sementara itu terkait laporan mengenai situng dan hitung cepat, Bawaslu akan menyampaikan hasil kesimpulan pada Senin, 13 Mei 2019. "Nanti setelah kesimpulan baru kami agendakan keputusan. Besok kesimpulan tanpa sidang," pungkas Abhan.
 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif