Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Harusnya Paslon Fokus Visi Misi Ketimbang Saling Sindir

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Candra Yuri Nuralam • 18 Januari 2019 16:00
Jakarta: Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan menilai kedua pasangan calon presiden maupun wakil presiden tidak memanfaatkan debat untuk menyampaikan visi misi. Paslon dinilai terlalu fokus dengan tema.
 
"Temanya telalu banyak jadi waktunya terbatas, ada empat tema dengan waktu 90 menit. Kita kan mau lihat mereka sampaikan visi misi kepada pemilih," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan di Tebet, Jakarta Selatan, Jumat, 18 Januari 2019.
 
KPU menetapkan sembilan metode untuk menyampaikan pesan politik kepada masyarakat, salah satunya dengan debat. Debat merupakan cara terbaik untuk menyampaikan pesan politik kepada masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seharusnya, kata Wahyu, para calon lebih memanfaatkan penyampaian visi misinya ketimbang terfokus kepada saling sindir saat sesi pertanyaan.
 
"Debat pasangan calon presiden itu kan salah satu cara dari sembilan metode penyampaian pesan pemilu. Kami melihat paslon itu belum memanfaatkan kepada regulasi untuk sampaikan visi misi kepada masyarakat," tutur Wahyu.
 
Baca: Format Debat Pilpres Berpeluang Dirombak
 
Sehingga, lanjut Wahyu, tidaklah mungkin kurangnya informasi visi misi yang dibutuhkan masyarakat dari debat paslon. Hal ini, kata dia, karena waktu debat terlalu sedikit dengan tema yang banyak.
 
Untuk debat selanjutnya, para calon diminta untuk menyampaikan visi misi dengan maksimal. "Ini wajib diketahui oleh TKN dan BPN. Karna tidak mungkin 90 menit mencakup semua hal. Jadi manfaatkan metode lain," ujar Wahyu.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif