KPU Kebut Logistik Pemilu 2019
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi mengungkapkan pihaknya tengah memaksimalkan persiapan logistik jelang Pemilu 2019. Hingga kini distribusi kotak suara ke daerah sudah mencapai 77%.

"Untuk sampul, segel kemudian fomulir dan tinta, sekarang ini sudah mulai produksi," ujar Pramono di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin, 19 November 2018.


Sementara persiapan di tingkat kabupaten/kota pihaknya sudah melakukan sejumlah pengadaan. "Seperti bantalan, paku, pulpen dan seterusnya ," tambah dia. 

Pramono menargetkan pada awal Januari pihaknya sudah fokus pada pencetakan surat suara. "Yang lain-lain sudah clear nanti Januari hanya fokus ke surat suara," imbuh dia. 

(Baca juga: KPU Jepara Mulai Terima Logistik Pemilu 2019)

Ketua KPU Arief Budiman memastikan aspek logistik berjalan sesuai jadwal. Dia mengklaim KPU telah menghemat anggaran logistik yang dianggarkan kurang lebih Rp548 miliar.

"Bisa dihemat karena sembilan item logistik yang kita adakan itu kita lelang melalui e-Katalog. Jadi, kita akan dorong pada saatnya nanti seluruh logistik pemilu harus diadakan melalui e-Katalog. Supaya terjadi penghematan yang luar biasa besar," tutur dia. 

Adapun nantinya KPU bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk proses distribusi. Polisi sudah ditempatkan di masing-masing satuan kerja.

"Untuk mendukung pengamanan sebagaimana perintah undang-undang mulai dari produksi, distribusi, dan penyimpanan logistik," ucap Arief.






(REN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id