Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Proses Penghitungan Pemilu Diminta Tak Diintervensi

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Lukman Diah Sari • 01 Mei 2019 01:28
Jakarta: Forum Presiden Mahasiswa Indonesia (Formasi) meminta proses penghitungan suara tak diintervensi oleh pihak manapun. Perwakilan Formasi, Hakim, menyatakan, penyelenggara pemilu harus bekerja secara independen dan tanpa tekanan.
 
"Kami mengajak seluruh warga negara Indonesia agar tidak terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Kami berharap semua pihak menahan diri dari tindakan yang melanggar konstitusi dan bersabar untuk menunggu hasil resmi dari KPU," kata Hakim, di Jakarta, Selasa, 30 April 2019.
 
Hakim menyatakan, Formasi mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk melaksanakan proses penghitungan suara secara jujur, adil, terbuka, dan transparan. Lembaganya juga menolak segala tindakan inkonstitusional dan intervensi terhadap proses penghitungan yang sedang dilakukan KPU.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Meminta elite politik untuk mengikuti mekanisme hukum yang berlaku sesusai Undang-Undang Dasar 1945, jika terdapat kecurangan ataupun kekurangan dalam proses pemilu," ujar Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Dr. Hamka (Uhamka) itu.
 
Hakim juga mengajak seluruh masyarakat yang mendukung masing-masing calon presiden dan calon wakil presiden untuk mengakhiri fanatisme buta. Mengembalikan semangat persatuan dan keutuhan Indonesia harus menjadi prioritas setelah Pemilu berlangsung.
 
"Lalu, kami mengimbau kepada masyarakat untuk bekerja sama dalam mengawal demokrasi di Indonesia," tandasnya.
 
Formasi merupakan organisasi yang berisi kumpulan BEM mahasis sejumlah kampus. Tercatat ada 25 BEM kampus yang tergabung dalam organisasi ini.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif