Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Jendral (Purn) Moeldoko. Foto: Medcom.id/Dheri.
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Jendral (Purn) Moeldoko. Foto: Medcom.id/Dheri.

TKN Inventarisasi Masalah HAM Jelang Debat

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
Damar Iradat • 11 Januari 2019 15:43
Jakarta: Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Jendral (Purn) Moeldoko tak khawatir dengan isu hak asasi manusia (HAM) yang menjadi materi debat capres. Sebab, Jokowi tak memiliki masalah serius terkait pelanggaran HAM berat.
 
Moeldoko mengatakan, TKN sudah melakukan langkah-langkah antisipasi jika dalam debat nanti pasangan Jokowi-Ma'ruf ditanya isu HAM. Ia memastikan, Jokowi tidak memiliki rekam jejak yang buruk terkait HAM.
 
"Kita inventarisasi dari berbagai langkah-langkah yang telah dilakukan empat tahun pelanggaran HAM seperti apa, apa sih yang terjadi di kepemimpinan beliau tentang pelanggaran HAM," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 11 Januari 2019.
 
Moeldoko memastikan Jokowi bebas dari isu pelanggaran HAM berat. Menurutnya pelanggaran HAM berat terjadi karena ada penyalahgunaan kekuasaan dan genosida.

Baca: Visi Misi Prabowo-Sandi Jadi Sorotan

Jika melihat dua karakteristik di atas, menurut dia, selama ini tidak ada pelanggaran HAM berat yang dilakukan Jokowi. Moeldoko berani berkata, Jokowi merupakan pemimpin yang tidak memiliki catatan buruk terkait HAM.
 
Terkait lambannya proses hukum terhadap penyerangan penyidik senior KPK Novel Baswedan, Moeldoko menganggap hal itu bukan pelanggaran HAM berat. Insiden Novel dinilai kriminal murni.
 
"Dalam konteks itu, konteks kriminal murni, hanya persoalannya siapa pelakunya. itu yang jadi persoalan, yang belum ditemukan. Apa itu abuse of power? Bukan, konteksnya di situ," tegas Moeldoko.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi