Acara nonton bareng debat perdana Pilpres 2019 di Malang, Medcom.id - Daviq Umar
Acara nonton bareng debat perdana Pilpres 2019 di Malang, Medcom.id - Daviq Umar

TKD Akui Rekrutmen Berbasis Kompetensi Belum Sempurna

Pemilu pilpres 2019
Daviq Umar Al Faruq • 18 Januari 2019 12:13
Malang: Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengatakan rekrutmen berbasis kompetensi menjadi cara mencegah praktik korupsi di kalangan pejabat publik.Jokowi menyampaikan hal tersebut dalam debat perdana Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis 17 Januari 2019.
 
Menurut Pembina Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Maruf Amin, Hanan Jalil, rekrutmen berbasis kompetensi telah dilakukan di pemerintahan Jokowi-JK.
 
"Tapi masih belum sempurna. Karena masih ada generasi tua yang belum memenuhi standar untuk melayani kelompok-kelompok milenial yang tingkat intelektualnya sudah lebih tinggi," kata Hanan usai nonton bareng (nobar) debat perdana Pilpres 2019 di Malang, Kamis, 17 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski begitu, pria yang juga Ketua DPD NasDem itu tetap optimistis gagasan Jokowi tersebut bisa diterapkan, terutama di pemerintahan daerah. Sehingga diharapkan praktik korupsi di Indonesia dapat dihilangkan.
 
"Memang butuh waktu satu generasi lagi untuk mencapai dan itu harus dilakukan mulai sekarang," tegasnya.
 
Di sisi lain, pria asal Banyuwangi ini mengungkapkan bahwa seharusnya setiap aparatur sipil negara (ASN) harus berperilaku sebagai negarawan. Yakni orang-orang yang tidak lagi memikirkan urusan pribadi.
 
"Enggak harus kaya, tapi merasa kaya. Tidak harus cukup, merasa cukup itu sudah bagus. Oleh karena itu sikap-sikap negarawan itu yang dibutuhkan aparatur sipil negara maupun para pemangku jabatan," pungkasnya.
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif