KPU, Bawaslu, dan tim kampanye kedua paslon mengumumkan nama moderator debat keempat/Medcom.id/Faisal Abdalla
KPU, Bawaslu, dan tim kampanye kedua paslon mengumumkan nama moderator debat keempat/Medcom.id/Faisal Abdalla

Debat Keempat Dimoderatori Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Faisal Abdalla • 25 Maret 2019 19:14
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan dua moderator debat keempat Pilpres 2019. Moderator debat diputuskan bersama tim kampanye kedua paslon.
 
"Disepakati bahwa penyelenggaraan debat keempat untuk moderator Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin, 25 Maret 2019.
 
Retno Pinasti merupakan jurnalis Liputan6 SCTV. SedangkanZulfikar Naghi merupakan jurnalis Indosiar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Dua Debat Terakhir Pilpres Dipersiapkan
 
Wahyu mengatakan dua nama yang dipilih menjadi moderator itu disepakati tim kampanye kedua paslon. KPU perlu persetujuan karena Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengamanatkan moderator harus mendapat persetujuan pihak paslon.
 
Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 Joko Widodo - Ma'ruf, Aria Bima, menegaskan pihaknya tak keberatan dengan nama moderator yang telah disepakati. Kedua nama itu memang masuk calon moderator yang diusulkan TKN.
 
Perwakilan Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Imelda Sari, menilai keduanya memiliki jam terbang mumpuni sebagai moderator. Ia tahu keduanya cukup lama bertugas di dunia jurnalistik.
 
Baca: Isu Kesejahteraan Veteran Diminta Masuk di Debat
 
KPU juga mengumumkan sejumlah nama host yang akan bertugas saat penyelenggaraan debat. Host pengundian pertanyaan diamanahkan kepada presenter Indosiar Wanda Dwi Utari dan presenter berita Metro TV Rori Asyari.
 
Host jumpa pers setelah debat ialah jurnalis Metro TV Aviani Malik dan jurnalis Liputan6 Reza Ramadhansyah. Sedangkan host off air, dipercayakan kepada jurnalis Liputan6 Prisca Niken dan jurnalis Metro TV Wahyu Wiwoho.
 
Debat keempat diselenggarakan Sabtu, 30 Maret 2019. Debat akan mempertemukan kembali Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Keduanya akan beradu ide dan gagasan terkait ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional. Debat keempat diselenggarakan atas kerja sama KPU dan televisi penyelenggara, Emtek Grup dan Metro TV.
 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif