Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto disaksikan Ketua KPU Arief Budiman bersalaman saat akan mengikuti debat capres 2019 di Hotel Shangrilla, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.
Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto disaksikan Ketua KPU Arief Budiman bersalaman saat akan mengikuti debat capres 2019 di Hotel Shangrilla, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

Tamu Undangan Debat Terakhir Bakal Diseleksi

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Faisal Abdalla • 02 April 2019 19:10
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menyeleksi tamu undangan debat terakhir Pilpres 2019. Ini menyusul adanya tamu undangan yang kena semprot calon presiden (capres) 02 Prabowo Subianto karena tertawa di debat keempat kemarin.
 
"Komite Damai yang terdiri dari KPU, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 akan melakukan seleksi dalam distribusi undangan," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 2 April 2019.
 
Wahyu mengatakan Komite Damai di debat kelima akan menerapkan aturan lebih tegas. Komite Damai berhak mengeluarkan penonton yang dianggap mengganggu jalanya debat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk debat kali ini, KPU masih mengalokasikan 500 undangan. Jumlah undangan yang dialokasikan untuk masing-masing kubu pasangan calon berjumlah 100 undangan. Sementara itu, 200 kursi sisanya undangan KPU.
 
Wahyu berharap sistem seleksi undangan ini akan meminimalisasi lolosnya pihak-pihak yang dapat mengganggu jalannya debat. Pasalnya, undangan kerap merespons berlebihan argumen pasangan calon.
 
"Diharapkan tamu undangan berdasar alokasi TKN 01 dan BPN 02 adalah tamu undangan yang memang diundang secara resmi dan tidak akan berbuat sesuatu yang mengganggu jalannya debat. Ini atas evaluasi pelaksanaan debat keempat," ujar dia.
 
Baca:KPU Tambah Panelis dari Kalangan Akademisi
 
Pada debat Sabtu, 30 Maret 2019, Prabowo Subianto sempat marah kepada audiensi debat. Prabowo bahkan membentak tamu yang hadir dalam debat.
 
Kemarahan Prabowo itu berawal saat dirinya menjelaskan keadaan pertahanan negara. Dia menyebut jika pertahanan negara Indonesia saat ini rapuh. Namun, beberapa audiensi diduga menertawakan penjelasan Prabowo.
 
"Kenapa kamu ketawa? Lucu ya? Lucu memang kalau pertahanan negara rapuh?" kata Prabowo dalam debat Pilpres 2019 di Hotel Shangri La, Jakarta.
 
Prabowo juga memperlihatkan gimik kekecewaannya atas sikap audiensi. 'Amukan' Prabowo reda setelah waktu untuk menanggapi habis. "Waktunya habis Pak Prabowo," kata moderator.

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif