Jokowi-Ma'ruf/MI/Ramdani
Jokowi-Ma'ruf/MI/Ramdani

Jokowi-Ma'ruf Berkomitmen Menyelesaikan Pelanggaran HAM Masa Lalu

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf
Whisnu Mardiansyah, Nur Azizah • 17 Januari 2019 20:34
Jokowi: Calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin berkomitmen menyelesaikan kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat masa lalu. Penyelesaian harus dilakukan meski kasus itu kompleks.
 
"Tidak mudah menyelesaikannya karena kompleksitas hukum, pembuktian, dan waktu yang terlalu jauh. Seharusnya selesai setelah kasus terjadi. Tapi kami berkomitmmen menyelesaikan," tegas Jokowi saat menyampaikan visi misi dalam debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis, 17 Januari 2019.
 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Negara juga harus didukung sistem berkeadilan. Sistem hukum pun harus diperkuat, termasuk perbaikan budaya taat hukum. Reformasi kelembagaan menjadi keniscayaan dalam konteks ini.
 
Baca: Pemerintah Didorong Tuntaskan Penyidikan Kasus HAM Masa Lalu
 
Salah satu aspek yang juga menjadi fokus ialah pemberantasan korupsi melalui sistem pemerintahan yang baik. Pemerintah selama ini bekerja sama menguatkan komisi pemberantasan korupsi (KPK).
 
"Dan mendorong sinergisitas KPK, Polri, dan Kejaksaan," tegas calon petahana.
 

Aspek lain yang juga harus dipelototi ialah terorisme. Pemerintah, tegas dia, bekerja keras mencegah melalui pembinaan aspek agama maupun sosial.
 
Baca: KSP: Penyelesaian HAM Berat Ada di Radar Presiden
 
Optimisme harus menjadi kunci mewujudkan itu semua. Jokowi-Ma'ruf menjamin kesuksesan bangsa mmelalui keyakinan pemimpin maupun warga untuk maju bersama.
 
"Kami menawarkan optimisme dan masa depan Indonesia yang berkeadilan. Semakin maju demokrasi, semakin modern negara, penegakan hukum dan HAM semakin baik," terang dia.
 
Jokowi menjelaskan, pemerintahan ke depan bakal menjamin hak sipil maupun politik seluruh warga Indonesia. Hak ekonomi, sosial, dan budaya menjadi pilihan keduanya memajukan Indonesia.
 

 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi