Pemilu. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Pemilu. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Pemilih Dilarang Swafoto di TPS

Pemilu pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 16 April 2019 18:55
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) melarang pemilih mendokumentasikan aktivitas mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS). KPU juga melarang pemilih berswafoto di TPS.
 
"Apabila mereka berswafoto akan menganggu proses antrean secara teknis ini akan memperlambat proses pemungutan suara," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 16 April 2019.
 
Selain bisa memperlambat antrean, mendokumentasikan aktivitas mencoblos juga mencederai asas kerahasiaan dalam Pemilu 2019. Hal ini yang melatarbelakangi KPU melarang pemilih membawa gawai atau alat rekam apa pun ke dalam bilik suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wahyu mengatakan nantinya petugas TPS akan menyediakan tempat penitipan gawai, "Kalau pemilih datang ke TPS sebelum masuk, dia ada tempat untuk menitipkan HP (ponsel)," ungkap Wahyu.
 
Meski begitu, KPU mengizinkan pemilih untuk mendokumentasikan formulir C1 plano. Formulir itu merupakan catatan hasil penghitungan suara. KPU menilai pendokumentasian data primer hasil penghitungan suara merupakan bentuk transparansi publik.
 
"Transparansi yang kita maksudkan adalah kita mempersilakan masyarakat untuk mendokumemtasikan C1 plano, tentang data primer hasil pemungutan suara, itu boleh. Tapi kalau pilihan dia di bilik suara itu tidak boleh," ujar Wahyu.
 
Baca: Alasan MK Tolak Uji Materi Publikasi Hitung Cepat
 
Pemungutan suara Pemilu 2019 akan digelar besok, Rabu, 17 April 2019. TPS akan dibuka mulai pukul 07.00 dan berakhir pukul 13.00 waktu setempat. Namun, KPU memastikan pemilih yang sudah masuk daftar antrean akan tetap dilayani meski sudah melewati pukul 13.00.
 
Pemilu 2019 memasuki masa puncaknya besok. Publik untuk pertama kalinya bakal memilih secara serentak wakilnya di Parlemen dan presiden dan wakil presiden untuk lima tahun ke depan.
 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif