Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

Alasan Ma'ruf Tak Banyak Berargumen

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Whisnu Mardiansyah • 18 Januari 2019 09:44
Jakarta: Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir membantah calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin terkesan pasif selama debat perdana Pilpres 2019. Dia menilai Ma'ruf Amin memang sengaja difokuskan untuk satu tema khusus soal terorisme.
 
"Kita bisa lihat bahwa sebagai kiai besar, Pak Ma'ruf kita fokuskan kepada isu terorisme. Beliau menjawab lugas atas hal yang dipertanyakan," kata Ercik di Hotel Bidakara, Jakarta Pusat, Kamis 17 Januari 2019.
 
Menurut dia, pembagian isu semacam ini memang bagian dari strategi TKN. Langkah serupa tidak menutup kemungkinan dilakukan pada debat-debat selanjutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, Erick mengatakan kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin tak ingin terbawa dengan ritme debat kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jokowi fokus pada program kerja solutif dan menyempurnakan program kerja yang telah dilakukan.
 
"TKN sangat menjaga jangan sampai kampanye terjebak isu yang malah tidak memberikan solusi kepada rakyat. Banyak sekali agenda kerja yang sudah dilakukan Jokowi dan akan diingkatkan," jelas Erick.
 
Baca: Penjelasan Ma'ruf Amin Soal Terorisme Sudah Tepat
 
Sebagai contoh, penyelarasan aturan perundang-undangan yang tumpang tindih. Presiden Jokowi tentu merasa masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilanjutkan di periode keduanya nanti.
 
"Dalam beberapa hal tapi apakah Beliau puas? Tidak. Bagaimana kita harus terus tingkatkan," jelas dia.
 

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi