Komisioner KPU Ilham Saputra. Medcom.id/Achmad Zulfikar
Komisioner KPU Ilham Saputra. Medcom.id/Achmad Zulfikar

KPU: Jangan Unggah Surat Suara Usai Nyoblos

Pemilu pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Cindy • 21 Maret 2019 03:17
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau pemilih luar negeri yang telah menerima surat suara untuk tak membeberkan pilihannya ke media sosial. Pasalnya, WNI dari Polandia pernah mengunggah hasil surat suara tercoblosnya dan ramai diperbincangkan.
 
"Memang orang yang mengunggah surat suara yang dia coblos itu tidak salah. Cuma tidak etis karena dia membuka rahasia yang dia pilih," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Maret 2019.
 
Menurutnya hal itu dapat mempengaruhi pilihan pemilih lain. Apalagi belum seluruh pemilih luar negeri telah menerima surat suara. Sementara pemungutan surat suara di dalam negeri baru akan dilaksanakan serentak 17 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu bisa memengaruhi orang atau tidak tergantung orang yang menilainya," ucap Ilham.
 
Pengiriman surat suara via pos telah dilakukan sejak 8 Maret 2019. Namun sampai atau tidaknya surat suara tergantung jarak dan kesulitannya."Tapi kita pastikan 17 April sudah mulai dihitung berbarengan. Kita harap tidak ada masalah," imbuhnya.
 
Ada dua metode pemungutan suara luar negeri yakni pencoblosan langsung di TPS yang dibuat Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan melalui kotak suara keliling (KSK). Pemilihan akan dilakukan PPLN setiap negara serentak pada 8 April 2019.
 
Tercatat sebanyak 192.828.520 pemilih yang terdaftar di DPT Pemilu 2019. Terdiri dari 2.058.191 pemilih luar negeri dan 190.770.329 pemilih dalam negeri.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif