Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Foto: MI/Rommy Pujianto
Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Foto: MI/Rommy Pujianto

KPU: Jokowi dan Prabowo Hadiri Debat Cawapres

Pemilu cawapres pilpres 2019
Faisal Abdalla • 15 Maret 2019 06:20
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto di debat pemilihan presiden ketiga. Mereka tercatat dalam daftar undangan di acara silang pendapat itu.
 
"Direncanakan Pak Jokowi dan Pak Prabowo akan hadir, meskipun ini debat cawapres," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis, 14 Maret 2019.
 
Diundangnya dua capres ini akan berdampak pada aspek keamanan. Standar pengamanan mengacu pada standar pengamanan presiden.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, untuk tamu undangan yang hadir, KPU mengalokasikan undangan sebanuak 450 kursi. Jumlah ini berkurang dari debat sebelumnya sebanyak 600 kursi.
 
450 undangan itu terdiri dari undangan masing-masing kubu paslon sebanyak 75 undangan dan undangan KPU sebanyak 300 undangan.
 
"KPU tentu saja mengundang tokoh tokoh bangsa tokoh masyarakat akademisi tokoh-tokoh Pemuda dan semua pihak yang relevan dengan tema debat," ujarnya.
 
KPU juga mempersilakan pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden mengekspresikan dukunganya saat debat ketiga Pilpres 2019. Namun KPU meminta pendukung tak provokatif.
 
"Yel-yel itu harus bersifat mendukung paslonya sendiri. Tidak boleh yel-yel itu diarahkan untuk menyerang paslon lain," kata Komisioner KPU, Wahyu Setiawan ketika dihubungi, Senin, 11 Maret 2019.
 
Wahyu mengatakan penonton langsung debat juga hanya diperbolehkan meneriakan yel-yel saat posisi off air. Penonton dilarang menyanyikan yel-yel saat siaran debat berlangsung, apalagi saat kandidat yang sedang berbicara.
 
Wahyu mengatakan aturan mengenai larangan yel-yel provokatif baru kali ini diterapkan KPU. Aturan ini dibuat untuk menjamin kondusivitas jalanya debat ketiga
 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif