Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo - Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo - Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Wabup Padang Lawas Utara Tersangka Politik Uang

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Cindy • 16 April 2019 15:10
Jakarta: Tim Satgas Anti Politik Uang Tapanuli Selatan menangkap Wakil Bupati Padang Lawas Utara Hariro Harahap. Dia diduga melakukan politik uang untuk memenangkan istrinya, caleg DPRD Padang Lawas Utara dari Partai Gerindra Masdoripa Siregar.
 
"Iya (wakil bupati) di Tapanuli Selatan (Tapsel) sudah ditetapkan tersangka," kata Karopenmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 16 April 2019.
 
Dedi menyebut kasus Hariro sudah masuk proses penyidikan di Polres Tapsel. Hariro ditangkap pada Minggu, 14 April 2019, dan ditetapkan sebagai tersangka pada Senin, 15 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selama 24 jam asesmen dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Setelah itu langsung diserahkan ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu)," ucap Dedi.
 
(Baca juga:Polda Kalsel Perketat Pengawasan Politik Uang)
 
Gakkumdu memiliki waktu selama 14 hari untuk melakukan asesmen. Lalu, berkas akan diajukan ke kejaksaan untuk pelimpahan tahap dua.
 
Sebelumnya, Tim Satgas Anti Politik Uang Tapsel menangkap Hariro Harahap bersama 12 orang lainnya yang merupakan tim sukses dari Masdoripa Siregar. Dalam penangkapan itu polisi turut menyita 87 amplop berisi uang Rp43,4 juta. Dengan masing-masing amplop berisi Rp150 ribu-Rp200 ribu.
 
Diduga mereka bakal menyebar 4 ribu amplop 'serangan fajar' untuk memenangkan caleg nomor urut 3 dari Partai Gerindra itu. Mereka ditangkap secara terpisah di Kabupaten Paluta.
 
(Baca juga:Dua Terduga Politik Uang Ditangkap)
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif