Ketua DPP Partai Demokrat Jansean Sitindaon - MI/Susanto.
Ketua DPP Partai Demokrat Jansean Sitindaon - MI/Susanto.

Demokrat Tak Diwajibkan Sumbang Dana Kampanye

Pemilu pilpres 2019
Whisnu Mardiansyah • 03 Januari 2019 15:27
Jakarta: Ketua DPP Partai Demokrat Jansean Sitindaon mengungkapkan partai koalisi pendukung Prabowo Subianto-Sandiga Uno tak ada kesepakatan turut menyumbang dana kampanye. Dalam UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, kata dia, sumbangan dana kampanye partai politik bukan kewajiban.

"Dalam rapat tim koalisi Prabowo-Sandi tidak ada kesepakatan kewajiban partai pengusung sumbang dana kampanye tidak ada," tegas Jansean saat dihubungi Medcom.id, Kamis, 3 Januari 2018.

Dalam UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, sumbangan dana kampanye dikategorikan menjadi tiga. Yakni barang, uang dan jasa. Kontribusi sumbangan, lanjut Jansean, memang kerap dipahami sebagai uang tunai. Padahal, Partai Demokrat sudah menyumbang hal lain. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Kalau terkait barang dan jasa mungkin sudah puluhan ribu baliho caleg demokrat yang disebar pasang foto Prabowo-Sandi. Belum lagi kalau Prabowo-Sandi turun ke daerah misalnya kader Demokrat datang itu ke lokasi. Bahkan menggagas acara," tutur dia.  Jansean mengajak parpol pengusung saat ini berkomitmen memenangkan Prabowo-Sandi. Bukan justru mempermasalahkan soal urunan dana kampanye. 

(Baca juga: Sandi Sudah Keluarkan Rp39,5 Miliar untuk Kampanye)

"Kalau nanti misalnya di ujung-ujung memang butuh bantuan dana, ngomong saja enggak apa-apa. Nanti di rapat koalisi dibahas," kata dia. 

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi melaporkan hasil penerimaan dana kampanye selama empat bulan September-Desember 2018 sebesar Rp54 miliar. Dari laporan tersebut tercatat baru Partai Gerindra yang turut menyumbang dari empat partai koalisi pengusung Prabowo-Sandi.

Dari laporan tersebut, Partai Gerindra tercatat menyumbang dana sebesar Rp1,3 miliar. Atau setara dengan 2,6 persen dari total penerimaan dana kampanye Rp54 miliar. 

Sementara itu, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat tidak tercatat memberikan sumbangan dana kampanye. 




(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi