Jalan Imam Bonjol dari arah Taman Suropati ditutup, akses menuju Gedung KPU dialihkan melalui Jalan Imam Bonjol arah Graha Mandiri, Jakarta Pusat. Medcom.id/Eko Nordiansyah.
Jalan Imam Bonjol dari arah Taman Suropati ditutup, akses menuju Gedung KPU dialihkan melalui Jalan Imam Bonjol arah Graha Mandiri, Jakarta Pusat. Medcom.id/Eko Nordiansyah.

Polisi Belum Terima Informasi Demonstrasi di KPU

Pemilu demo massa
Faisal Abdalla • 30 Juni 2019 12:27
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyelenggarakan rapat pleno terbuka penetapan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024. Kepolisian belum menerima informasi demonstrasi di sekitar Gedung KPU.
 
"Sampai saat ini tidak ada," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Harry Kurniawan di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Minggu, 30 Juni 2019.
 
Baca: 10 Ribu Aparat Gabungan Jaga Penetapan Paslon Terpilih

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Harry mengatakan Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya telah melarang kegiatan massa di sekitar gedung KPU. Polisi, kata dia, tak akan mengeluarkan izin pengerahan massa atau demonstrasi di akhir pekan.
 
Harry menegaskan polisi tetap menyiapkan skenario penanganan massa jika terdapat demonstrasi di KPU. Polisi tetap bersiaga menjaga penyelenggaraan rapat pleno penetapan capres dan cawapres terpilih.
 
Acara rapat pleno terbuka penetapan capres-cawapres akan dihadiri capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Aparat keamanan juga telah mempersiapkan skema pengamanan iring-iringan capres petahana.
 
"Kita koordinasi dengan Dandim di mana kita sebagai Polri, melaksanakan di Ring 2. Ring 2 Merupakan penyangga unsur TNI," ujarnya.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan secara resmi pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai capres dan cawapres terpilih periode 2019-2024. Ini merupakan tindak lanjut atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan perselisihan hasil pemilu (PHPU) yang diajukan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
 
Baca: Jalan di Depan Gedung KPU Ditutup
 
Penetapan capres-cawapres terpilih dilakukan melalui rapat pleno terbuka. KPU mengundang seluruh peserta pemilu, baik kedua pasang calon presiden dan wakil presiden maupun 16 partai politik peserta pemilu.Rapat Pleno akan digelar di aula lantai 2 Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta mulai pukul 15.30 WIB. KPU memberi jatah 20 kursi pendukung masing-masing pasangan calon.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif