Pemilu. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Pemilu. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

BPN Bakal Buat Tiga Laporan ke Bawaslu

Pemilu pemilu serentak 2019
Kautsar Widya Prabowo • 16 Mei 2019 16:20
Jakarta: Badan Pemenangan Nasional (BPN) menyiapkan beberapa strategi untuk membuktikan proses pemilu berjalan curang. Tiga laporan terkait masalah ini akan disampaikan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).
 
"Sementara dalam dugaan kecurangan TSM (terstruktur, sistematis, dan masif) dalam pilpres (pemilihan presiden) saat ini kami sedang melalukan upaya seperti di Bawaslu. Masih ada tiga laporan kami lagi ke Bawaslu," kata Direktur Hukum dan Advokasi BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sufmi Dasco, di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Nemun, Dasco enggan membuka segara detail tiga laporan itu terlebih dahulu kepada media. Dia mengatakan salah satu dari tiga laporan itu telah masuk dalam sistem laporan Bawaslu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Data terkait keterlibatan aparatur sipil megara (ASN) dalam kampanye pemilu, Bawaslu diskualifikasi 01 (Joko Widodo-Ma'ruf Amin)," ungkap dia.
 
Selain itu, BPN tidak menutup kemungkinan akan melayangkan gugatan hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK). Namun saat ini belum dijalankan, masih menunggu kepastian hukum di Bawaslu terlebih dahulu.
 
Baca: 30 Ribu Personel Jaga Pengumuman Hasil Pemilu
 
"Ini kan pilpres sedang diajukan di sini (laporan di Bawaslu) dan ada beberapa mekanisme, bisa Bawaslu dan MK. Sebelum penghitungan selesai, kami lakukan di Bawaslu dengan harapan mungkin sebelum penghitungan selesai ada yang diputus Bawaslu," imbuh dia.
 
Keputusan lanjut akan terlebih dahulu dirembuk dengan tim BPN dan dibicarakan setelah proses rekapitulasi. "Pak Prabowo selalu bilang ke kami agar selalu ambil celah hukum sedikit apa pun agar kemudian menyikapi ketidakadilan kecurangan yang ada," pungkas dia.

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif