Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik. (Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla)
Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik. (Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla)

Ancaman Kubu Prabowo Tak Mengganggu Rekapitulasi

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Kautsar Widya Prabowo • 15 Mei 2019 13:24
Jakarta: Ancaman kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tak akan mengganggu jalannya rekapitulasi suara Pemilu 2019. Rekapitulasi tetap berjalan sekalipun salah satu saksi peserta pemilu tidak hadir.
 
"Sakai ini kan bisa datang, kita kan mengundang ini kan forum terbuka, kalau saksi tidak datang plenonya jalan terus, tidak masalah," tegas Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik, di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Rabu, 15 Mei 2019.
 
Ancaman kubu Prabowo-Sandi itu sebelumnya dilontarkan Wakil Ketua Badan Pemengan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso. Priyo menegaskan BPN menarik seluruh saksi pada proses rekapitulasi penghitungan suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Evi menegaskan KPU tidak masalah bila kubu Prabowo-Sandi ingin menarik saksinya. Sah tidaknya rekapitulasi suara menjadi tanggung jawab KPU.
 
"Ada atau tidak ada saksi memang (rapat) pleno tetap jalan, rekap tetap sah, dan kita terus diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam rekap," tegas dia.
 
Selama proses rekapitulasi, terang dia, saksi-saksi dari kubu Prabowo memang kerap mempersoalkan adanya perbedaan surat suara pilpres, DPR, dan DPD. Namun, dia menilai itu wajar lantaran ada pemungutan suara ulang (PSU), pemungutan suara susulan (PSS), dan pemungutan suara lanjutan (PSL).
 
"Ini kan PSU, PSL, PSS ini hanya untuk suara tertentu, hanya pilihan presiden dan wakil presiden (PPWP) saja, ada tiga jenis surat suara jadi sangat banyak varian, sehingga pengguna hak pilih ini berbeda-beda," tutur dia.
 
KPU Provinsi juga dapat menjelaskan fakta dan data yang ada jika ada keberatan. Jajarannya di daerah dapat menjelaskannya di dalam forum rekapitulasi suara.
 
"Yang harus disampaikan soal pengguna hak pilih tadi, yang berbeda-beda itu yang banyak dipersoalkan dari keseluruhan hampir semua saksi termasuk BPN 02," pungkas dia.
 
Pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 masih berlangsung. KPU akan merekap beberapa wilayah, antara lain Sumatera Barat dan Jawa Tengah.
 
Saksi dari kubu Prabowo-Sandi pun turut hadir dalam proses rekap ini Mereka yakni, Azis Subekti, Rohmat Marzuki, Rizaldi Priambodo, dan Fitra Aulia Rahman.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif