Ketua KPU Arief Budiman. (Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)
Ketua KPU Arief Budiman. (Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)

KPU Pastikan Situng Tetap Berjalan

Pemilu pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 16 Mei 2019 13:43
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan Sistem Informasi Penghitungan Suara (situng) tetap berjalan. Hal itu sejalan dengan permintaan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), meski KPU diputuskan melanggar tata cara input data dalam situng.
 
"Lah iya (dilanjutkan). Jangan ada pertanyaan akan dihentikan. Padahal pernyataan Bawaslu-nya apa? (Situng diteruskan)," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.
 
KPU bakal memperbaiki hal-hal yang dianggap salah oleh Bawaslu. Namun, KPU masih menunggu salinan putusan dari Bawaslu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan putusan ini menunjukkan KPU dan Bawaslu punya komitmen sama. Situng merupakan bentuk transparansi KPU kepada publik.
 
Pram tak memungkiri kerap salah dalam menginput data ke situng. Namun, KPU sudah memperbaikinya.
 
"Selama ini mekanisme itu sudah berjalan dan kami ucapkan kepada Bawaslu terima kasih sudah memberikan keputusan yang sudah adil," tutur Pram.
 
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) melanggar tata cara penginputan data dalam situng. Putusan itu menanggapi laporan nomor 007/LP/PP/ADM/RI/00.00/V/2019, dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang menyebut terdapat kekeliruan input data situng.
 
Namun, Bawaslu meminta KPU tetap melanjutkan situng. Situng dianggap instrumen keterbukaan informasi.
 
"Keberadaan situng hendaknya dipertahankan sebagai instrumen yang digunakan KPU dalam menjamin keterbukaan dan akses informasi dalam penyelenggara pemilu bagi masyarakat," ujar Anggota Bawaslu Ratna Dewi, dalam sidang putusan dugaan pelanggaran administrasi situng KPU, di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Mei 2019
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif