Komisioner KPU menunjukkan surat suara - Medcom.id/Faisal Abdalla.
Komisioner KPU menunjukkan surat suara - Medcom.id/Faisal Abdalla.

KPU Targetkan Produksi Surat Suara Rampung dalam Dua Bulan

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 18 Januari 2019 16:08
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi memulai produksi surat suara Pemilu 2019. KPU menargetkan proses pencetakan dan distribusi surat suara selesai dalam dua bulan.
 
"Kita (targetkan) finishing dan distribusi (selesai) dua bulan. Jadi bulan Maret, satu bulan sebelum pemungutan suara sudah sampai di Kabupaten/Kota," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 18 Januari 2019.
 
Arief mengatakan proses distribusi surat suara dilakukan secara bertahap. KPU tidak menunggu seluruh kuota surat suara dicetak baru didistribusikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi sistemnya diproduksi, kalau sudah selesai, (langsung) kirim, sampai maksimal 60 hari, sudah sampai semua sampai di kabupaten/kota," tutur dia.
 
(Baca juga:KPU Ingatkan Produsen Surat Suara Tak Main Anggaran)
 
Meski begitu, Arief mengatakan, surat suara tidak akan dikirmkan langsung ke tingkat TPS setelah tiba di Kabupaten/Kota. Surat suara baru dikirimkan ke tingkat TPS satu hari sebelum pemungutan suara.
 
"Karena surat suara harus menunggu logistik lain, seperti hologram, segel, tinta alat coblos, alas coblos, formulir dan lainya datang. Logistik itu akan ditempatkan satu set, masuk ke kotak suara," tandas Arief.
 
KPU rencananya akan mencetak 938.879.651 lembar surat suara. Surat suara itu diperuntukan untuk pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden serta calon anggota legislatif, baik dari DPD, DPR, dan DPRD tingkat provinsi, kabupaten, atau kota.
 
(Baca juga:Surat Suara Mulai Dicetak Hari Ini)

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif