Anggota Bawaslu, Rahmat Bagja - Medcom.id/Faisal Abdalla.
Anggota Bawaslu, Rahmat Bagja - Medcom.id/Faisal Abdalla.

Bawaslu Rekomendasikan Pemilihan Ulang di Kuala Lumpur

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 16 April 2019 18:32
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merekomendasikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di Kuala Lumpur, Malaysia. Ini merupakan tindak lanjut dari kasus dugaan surat suara tercoblos di daerah tersebut.
 
"Bawaslu merekomendasikan pemungutan suara ulang di Kuala Lumpur, ini untuk melindungi integritas pemilu di Kuala Lumpur," kata Anggota Bawaslu, Rahmat Bagja di Gedung Bawaslu, Jakarta, Selasa, 16 April 2019.
 
Rekomendasi ini dikeluarkan Bawaslu setelah melakukan proses investigasi terhadap kasus itu. Bawaslu sudah meminta keterangan dari 13 orang yaitu, 7 orang anggota PPLN, 3 Panwas LN, 2 saksi, dan duta besar RI untuk Malaysia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun begitu, PSU hanya dilakukan untuk metode pemungutan suara menggunakan pos. Bawaslu menduga surat suara yang tercoblos itu diperuntukan untuk metode pos.
 
(Baca juga:KPU: Surat Suara Tercoblos di Malaysia Kriminal)
 
Di Kuala Lumpur jumlah pemilih yang menggunakan metode pos sebanyak 319.193 pemilih.
 
Meski begitu, Ketua Bawaslu Abhan, mengaku hingga kini Bawaslu maupun KPU belum mendapatkan akses untuk melihat barang bukti surat suara tercoblos. Sebab bukti masih berada di bawah otoritas Polisi Diraja Malaysia (DRM).
 
Namun karena kasus ini menganggu integritas pelaksanaan Pemilu, Bawaslu merekomendasikan PSU. Dengan dikeluarkanya rekomendasi ini, KPU diminta tak menghitung hasil surat suara metode pos di Kuala Lumpur, Malaysia
 
"Sementara proses ini berjalan, dan ada persoalan integritas proses pemilu. Karena besok mulai penghitungan untuk masing-masing PPLN LN, dengan rekomendasi ini surat suara pos yang masuk ke PPLN untuk tak dilakukan penghitungan," pungkas dia.
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif