KPAI Telusuri Video Anak Penyeru Ganti Presiden
Ketua KPAI Susanto. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) masih menelusuri kasus video anak-anak berseragam Pramuka yang meneriakkan ganti presiden. KPAI masih mencari dalang yang melibatkan anak-anak dalam video tersebut.
 
"Kita sekilas sudah melihat (video itu). Tentunya ini menyangkut pengaduan, SOP (standar operasional prosedur) kita biasanya mendalami lebih jauh pengaduan yang diterima," kata Ketua KPAI Susanto dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 20 Oktober 2018.
 
Susanto menjelaskan, pihaknya berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk mengungkap aktor utama di balik video tersebut.
 
"Siapa sebenarnya aktor yang membuat itu, adakah aktor utamanya, siapa saja yang terlibat, apakah ini atas intruksi partai politik atau bukan. Dugaan kelompok tertentu bisa, namun kita tidak boleh berandai-andai," tegas Susanto.

Baca: Buwas Diminta Usut Pramuka Penyeru Ganti Presiden


KPAI masih membutuhkan waktu untuk mendalami kasus tersebut. Dia akan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI bila kasus itu merupakan ranah lembaga tersebut.
 
"Biasanya enggak terlalu lama. Kalau ada dugaan mengarah terkait dengan eksploitasi anak, tentu kita sampaikan ke Bawaslu karena ini domainnya Bawaslu," ucap Susanto.
 
Sebelumnya, Direktur Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ade Irfan Pulungan mengadukan kasus viral video anak-anak Pramuka yang meneriakkan ganti presiden 2019 ke KPAI.





(FZN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id