Ilustrasi.
Ilustrasi.

74 TPS di Sulsel Bakal Pencoblosan Ulang Serentak

Pemilu pemilu serentak 2019
Muhammad Syawaluddin • 24 April 2019 14:41
Makassar: Komisi Pemilihan Umun (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel), bakal melakukan pemungutan suara ulang (PSU) serentak di 14 kabupaten dan kota. Sebanyak 74 Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan dilakukan pencoblosan ulang pada 27 April 2019.
 
"Batas akhirnya itu pada 27 April 2019 jadi rencananya akan dilakukan PSU secara serentak di seluruh TPS di Sulsel," kata Ketua KPU Sulsel, Mishna M. Attas, saat dikonfirmasi, Rabu 24 April 2019.
 
Mishna mengatakan, 74 TPS yang direkomendasikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel untuk dilakukan pencoblosan ulang tersebar di 14 kabupaten dan kota yang ada di Sulsel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia membeberkan, sebab terjadinya PSU lantaran banyak pemilih yang tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih khusus (DPK) ikut mencoblos. Para pemilih yang tidak terdaftar itu, hanya bermodal KTP-el. Padahal pemilih harus memiliki formulir A5 sebagai syarat mencoblos.
 
"PSU ini juga sebagai pembelajaran kepada masyarakat baik kepada pemilih, penyelenggara di tingkat bawah, dan instansi-instansi yang kadang memaksakan untuk memilih padahal tidak memenuhi syarat," jelasnya.
 
Baca:Polri Fokus Amankan Pemilu Ulang dan Susulan
 
Dia membeberkan, Makassar menjadi penyumbang TPS terbanyak melakukan PSU dengan 17 TPS, menyusul Barru, Pangkep, Maros, Parepare, Gowa, Bone, Soppeng, Takalar, Jeneponto, Luwu Timur, Palopo, Luwu, dan Toraja Utara.
 
"Angka itu masih akan bertambah. Karena saat ini Bawaslu Sulsel masih melakukan pengkajian terkait TPS yang berpotensi melakukan PSU," jelasnya.
 
Mishna menjelaskan, saat ini pihaknya tengah berkordinasi dengan KPU RI untuk mempersiapkan logistik pencoblosan ulang. Sehingga, diharapkan pada 27 April 2019 mendatang semua sudah siap.
 
"Kami telah berkoordinasi dengan KPU RI. Diharapkan tanggal 27 nanti semuanya sudah tersedia," jelasnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif