Suasana penghitungan data di posko War Room real count internal TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.
Suasana penghitungan data di posko War Room real count internal TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.

TKN Jokowi-Ma'ruf Pamer 'War Room' Rekapitulasi

Pemilu pilpres 2019
Ilham wibowo • 21 April 2019 22:22
Jakarta: Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengekspos posko penghitungan suara yang dilakukan tim internal. Upaya ini dilakukan dalam mengawal proses penghitungan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).
 
Posko penghitungan suara real count itu dinamai 'War Room', berada di ruang Legian Hotel Grand Melia, Kuningan, Jakarta Selatan. Ada 240 orang relawan yang bekerja silih berganti selama 24 jam.
 
Ketua Harian TKN Jokowi-Ma'ruf Moeldoko memastikan tidak ada data yang ditutupi dalam proses penghitungan tersebut. Penghitungan data yang dimasukan di posko war room real count ini bisa dilihat masyarakat secara transparan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"TKN punya posko real count di sini, sudah kerja satu minggu, ada 240 orang, satu shift 80 orang bergantian selama 24 jam. Real count set up di sini terbuka untuk siapa pun," tegas Moldeoko di posko penghitungan, Jakarta, Minggu, 21 April 2019.
 
Moldeoko mengatakan, awak media juga bisa dengan bebas meliput kegiatan input data yang dilakukan para relawan. TKN juga bakal membuka pintu bagi masyarakat luas maupun para pemantau hasil pemilu 2019.
 
"Tidak ada yang disembunyikan, kita ingin semua ter-manage dengan baik dan terbuka dan good governance dengan baik agar tidak perlu ada yang curiga dan dianggap miring," ungkapnya.
 
Kepala Staf Kantor Kepresidenan ini mengatakan penghitungan real count yang dilakukan di posko tersebut juga mengunakan standardisasi tinggi. Seluruh kegiatan yang dilakukan punya jaminan keaslian dan bisa dipertanggungjawabkan.
 
"Mekanisme bekerja bukan asal-asalan, bukan dari secarik kertas. Ada standar kerja yang bisa dipertanggungjawabkan, sama standarnya dengan (proses) yang dilakukan KPU," ungkap Moeldoko.
 
Penghitungan suara nasional di posko TKN Jokowi-Ma'ruf sementara mencapai 14,66 persen dari total 813.350 TPS seluruh Indonesia. Total data suara yang masuk per hari ini pada pukul 16.30 WIB sebanyak 119.216 dari 813.350 TPS dengan total perolehan suara 23.847.734 suara.
 
Perolehan sementara ini menunjukkan paslon Jokowi-Maruf 56,16 persen atau 13.155.012. Angka itu mengungguli paslon Prabowo-Sandiaga yang mendapatkan 45,84 persen atau 10.693.723 suara.
 
"Ini sebuah upaya untuk kita juga bisa koreksi kalau terjadi sesuatu di KPU. Kalau tidak selaras bisa pertanyakan dimana kesalahannya. ini alat kontrol kami," pungkasnya.
 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif