Dana Kampanye Jokowi-Ma'ruf Terkumpul Rp11 Miliar

M Sholahadhin Azhar 07 Desember 2018 21:20 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
Dana Kampanye Jokowi-Maruf Terkumpul Rp11 Miliar
Bendahara Umum Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN-KIK) Wahyu Sakti Trenggono (kiri). Medcom.id/ M Sholahadhin Azhar
Jakarta: Bendahara Umum Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN-KIK) Wahyu Sakti Trenggono membeberkan total dana kampanye yang berhasil dikumpulkan. Sejauh ini, sudah ada dana sebesar Rp11 miliar hasil gotong royong antarpartai koalisi.

Trenggono membantah pandangan tidak ada dana yang berhasil dikumpulkan, atau bahkan minus. "Enggak. Masa gotong royong minus. Sudah (bertambah), tapi sifatnya gotong royong. Tapi belum ada perusahaan A nyumbang, perubahan B nyumbang," ujar Trenggono di Hotel Grand Sahid Jakarta Pusat, Jumat , 7 Desember 2018.


Menurut dia, sejauh ini dana berasal dari internal TKN-KIK. Belum ada dana yang berasal dari luar koalisi. Prinsipnya, semua pendanaan dilakukan dengan cara gotong royong.

Pihaknya tidak memusingkan kubu pasangan calon nomor urut 02 yang telah mengumumkan dana kampanye mereka  dengan nilai yang lebih tinggi. TKN tidak ingin melakukan cara yang sama, sebab Trenggono menilai cara gotong royong yang sekarang ini dilakukan bisa lebih akurat.

"Ya biarkan saja, kan tidak harus sama. Transparan pasti transparan. Tapi akurat kan lebih bagus. Tim kita sedang susun," beber Trenggono.

Rencananya keseluruhan dana akan dibuka pada publik awal tahun depan. Saat ini pihaknya fokus melakukan pengumpulan. Meski belum membeberkan detail pengumpulan dana, Trenggono mengatakan sudah ada uang yang dipakai untuk membiayai kegiatan. 

Misalnya saat Rapat Koordinasi Nasional dan Daerah di Surabaya beberapa waktu lalu. Ada dana sekitar Rp9 miliar yang harus dikeluarkan untuk kegiatan itu. 

"Untuk akomodasi, kemudian ngumpul, sewa tempat, konsumsi, transportasi, alat peraga. Seperti di Jawa Timur waktu di Surabaya habis Rp9,7 miliar. Itu kan besar, acara Rakornas," tandas dia.



(SCI)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id