Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin - Medcom.id/Arga Sumantri
Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin - Medcom.id/Arga Sumantri

Ma'ruf Pede Menghadapi Debat Perdana

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Arga sumantri • 04 Januari 2019 11:54
Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin percaya diri menghadapi debat publik Pilpres 2019. Ma'ruf mengaku santai meski menjadi satu-satunya kandidat yang belum pernah ikut debat publik.
 
"Perkara saya belum pernah ikut debat, itu bukan halangan," kata Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 4 Januari 2019.
 
Ma'ruf mengaku terbiasa dengan suasana debat. Sebab, selama menjadi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ataupun Rais Aam Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU), suasana debat sering terjadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tinggal apa yang didebatkan tentu beda. Kalau debatnya sama saja, cuma ini memang ditonton masyarakat se-Indonesia," ucap Ma'ruf.
 
Ma'ruf mengatakan, selain menyiapkan materi debat, hal lain yang perlu disiapkan adalah mental. Persoalan mental menjadi krusial agar proses debat menjadi lancar.
 
(Baca juga:Isu Korupsi dan Terorisme Dinilai 'Seksi')
 
"Walaupun materinya cukup (siap), tapi mentalnya tidak siap, itu jadinya grogi. Istilahnya harus siap mental dan siap materi debatnya," kata Ma'ruf.
 
Debat perdana dijadwalkan digelar pada 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Format debat menampilkan capres dan cawapres. Isu yang diangkat meliputi isu hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan terorisme.
 
Ma'ruf menjadi satu-satunya kandidat di Pilpres 2019 yang belum pernah mengikuti debat publik. Beda dengan Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang sudah merasakan atmosfer debat publik pada pilpres sebelumnya. Sandiaga Uno pun pernah mengikuti debat publik saat Pilkada DKI Jakarta 2017.
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif