Petugas KPU menyiapkan peralatan untuk acara Validasi dan Persetujuan Surat Suara Anggota DPR, Presiden dan Wakil Presiden di kantor Pusat KPU, Jakarta. (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)
Petugas KPU menyiapkan peralatan untuk acara Validasi dan Persetujuan Surat Suara Anggota DPR, Presiden dan Wakil Presiden di kantor Pusat KPU, Jakarta. (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)

Pakaian Serba Putih Jokowi-Ma'ruf sebagai Pembeda

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf
05 Januari 2019 11:33
Jakarta: Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Usman Kansong mengungkapkan pemilihan busana serba putih untuk Jokowi-Ma'ruf bertujuan sebagai pembeda. Pakaian putih berpadu songlok hitam juga memudahkan pemilih menentukan pilihan.
 
"Yang satu putih (Jokowi-Ma'ruf) yang satu hitam (Prabowo-Sandi) kan jelas sekali perbedaannya. Itu yang ingin kita sampaikan ke publik jangan salah pilih," ujarnya dalam Metro Pagi Primetime, Sabtu, 5 Januari 2018.
 
Sama seperti Pilpres 2014, kata Usman, Jokowi mengenakan pakaian yang berbeda dengan Prabowo. Jika Pilpres 2014 Prabowo-Hatta mengenakan baju safari putih dengan lambang garuda merah, Jokowi memakai kemeja kotak-kotak didampingi Jusuf Kalla yang berbaju putih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau pakaiannya mirip bisa salah pilih jadi harus ada perbedaan," kata dia.
 
Menurut Usman pemilihan pakaian serba putih juga memungkinkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf meningkat. Sebab pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 ini tak perlu mematutkan diri mencari pakaian yang pas dengan selera segelintir orang.
 
Bahkan secara penelitian, tambah Usman, 90 persen penilaian seseorang dari sisi penampilan adalah pada 90 detik pertama. Hal ini akan memengaruhi penilaian pemilih apalagi dengan simbol warna putih yang melambangkan kesucian, bersih, dan orisinalitas ke-Indonesiaan.
 
"Karena kita menentukan juga pakaian putih atau modelnya, raut wajahnya, senyumnya pun bukan sambil lalu tapi melibatkan pakar dan ahli yang paham fotografi," ungkapnya.
 
Baca juga: Filosofi 'Putih-putih' Jokowi-Ma'ruf
 

 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif